Ini Cara Cek Akun Tokopedia Kamu Aman atau Dibobol Hacker - Uzone
home ×
Digilife

Ini Cara Cek Akun Tokopedia Kamu Aman atau Dibobol Hacker

05 May 2020 By
Ini Cara Cek Akun Tokopedia Kamu Aman atau Dibobol Hacker
Share
Share
Share

(Ilustrasi foto: Jefferson Santos / Unsplash)

Uzone.id -- Peretasan yang menimpa platform e-commerce Tokopedia terbilang menghebohkan, sebab dari laporan yang dipaparkan oleh akun Twitter @underthebreach asal Israel yang mengaku sebagai layanan pemantau serangan siber, ada 91 juta akun yang bocor ke tangan hacker. Wajar bila bertanya, apakah akun kita salah satunya?

Sampai saat ini memang belum ada notifikasi dan pemberitahuan secara langsung oleh pihak Tokopedia kepada tiap akun, baik pengguna (konsumen) maupun merchant.

Meski begitu, kita tetap bisa melakukan pengecekan sendiri melalui bantuan tools teknologi yang dapat melacak apakah akun kita terdampak dari tindakan pembobolan terhadap Tokopedia ini.

Baca juga: Supaya Lebih Aman, Aktifkan Metode 2FA Ini di Akun Tokopedia

Salah satunya, pengguna bisa memanfaatkan layanan Firefox Monitor.

“Firefox Monitor ini merupakan aplikasi yang berdasarkan pada database, untuk sementara ini baru ada 15 juta data akun Tokopedia yang masuk,” tutur pakar keamanan siber serta Chairman Lembaga Riset Siber Indonesia (CISSReC), Pratama Persadha dalam keterangannya yang diterima Uzone.id, Senin (4/5).

Melalui tautan Firefox Monitor ini yang sudah disesuaikan khusus untuk melacak pembobolan Tokopedia, kita dapat langsung memasukkan alamat email yang kita pakai untuk akun Tokopedia.

Baca juga: Data Perbankan Aman, Gimana Nasib Email dan Nomor Telepon Pengguna Tokopedia?

Setelah memasukan email, tinggal klik di kolom “Find Out”.

Jika hasilnya akun kita dibobol, kira-kira tampilannya akan seperti foto di bawah ini. Ada keterangan detailnya, sumber peretasan dari platform apa (dalam hal ini Tokopedia), tanggal pembobolan, dan data apa yang bocor -- contoh di bawah ini kebetulan alamat email beserta password yang bocor.

(Foto: dok. CISSReC)

Jika email kita aman dari pembobolan hacker Tokopedia, kemungkinan yang keluar hasilnya seperti ini.

(Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

Uniknya, Firefox Monitor ini tetap dapat mendeteksi bocornya akun kita di platform lain. Seperti di bawah ini, kebetulan email tersebut aman dari pembobolan Tokopedia, namun malah mengalami bocor di platform digital lain seperti Tumblr, Canva, hingga Dubsmash.

(Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

Selain Firefox Monitor, pengguna juga bisa menggunakan tools digital lain seperti:

- HaveIBeenPawned
- Private Gmail Leak Tester
- Isleaked.com
- Security Alert Knowem

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Email jadi salah satu hal paling penting buat kalian yang aktif di berbagai platform media sosial atau akun digital di Internet. Satu alamat email bisa sekaligus punya banyak akses ke dunia digital kalian. Nah, dengan ancaman keamanan yang akhir-akhir ini banyak terjadi, gak ada salahnya kalau waspada cek akun email kalian pakai cara-cara ini. Atau kalian punya rekomendasi cara lainnya? yuk share di kolom komentar. Tag juga teman kalian biar tau info ini ya! #Uzone #Uzoneid #UzonedotID #Informasiteknologiterkini #uzonetech #technology #teknologi #teknologiterkini #tipsteknologi #infoteknologi #email #hacker #hackers #hackerindonesia #infoteknologi #tipsjagaemail #infografis

A post shared by Uzone.id - Media Teknologi (@uzoneindonesia) on

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Rival Ipal 05 May 2020 | 09:46:44

terimah kasih banyak Wahhh

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article