Telco

Internet Bakal Mati 6 Hari Mulai Besok, Telkom: Itu Hoax

  • 23 September 2021
  • Bagikan :
    Internet Bakal Mati 6 Hari Mulai Besok, Telkom: Itu Hoax

     

    Uzone.id - Sempat ramai pesan berantai di WhatsApp yang menyebutkan bahwa akan ada perbaikan kabel jaringan bawah laut Palapa Ring, yang mengakibatkan jaringan internet mati pada tanggal 24-30 September 2021. Telkom memastikan jika hal itu adalah kabar bohong alias hoax.

    Hal ini disampaikan pihak Telkom melalui keterangan resminya kepada Uzone.id, Kamis, 23 September 2021. Menurut SVP Corporate Communiication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza, kabar tersebut hoax, demikian juga terkait dengan video viral penyelaman bawah laut yang disebut sedang memperbaiki kabel laut yang rusak.

    "Sehubungan dengan beredarnya video terkait penyambungan kabel bawah laut di platform Tiktok yang diduga milik Telkom serta pemberitaan mengenai gangguan internet yang akan mati selama 6 hari, dapat kami sampaikan bahwa berita dan video tersebut adalah hoax," ujar Reza.

    BACA JUGA: Viral di TikTok, Perjuangan Menyambungkan Kabel Bawah Laut Diduga Milik IndiHome Telkom

    Reza menambahkan jika saat ini Telkom terus mengupayakan percepatan untuk perbaikan layanan fixed dan mobile broadband. Layanan mulai membaik yang bertahap di beberapa lokasi sejalan dengan penambahan kapasitas jaringan yang cukup memerlukan waktu.

    "Dengan diketahuinya titik gangguan di sekitar 1,5 km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut, kami segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut dapat segera berfungsi normal dan digunakan pelanggan seperti sedia kala," kata Reza.

    Mengingat adanya peraturan perundang-undangan terkait penyebaran informasi, Reza mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak mempercayai dan
    menyebarluaskan informasi hoax yang berpotensi merugikan banyak pihak dan dapat berdampak proses hukum.

    "Telkom akan menyampaikan perkembangan perbaikan layanan melalui penyataaan resmi secara berkala," katanya.

    Sebelumnya tersebar video dari akun TikTok @Chiko_3333. Sayangnya video tersebut kini sudah hilang dari peredaran.

    Baca juga: Internet Akan Mati 6 Hari, Kominfo Sebut Hoax

    Video menampilkan foto-foto kegiatan perbaikan kabel bawah laut. Akun tersebut memuat narasi "Gangguan Kabel Bawah Laut, Internet IndiHome dan Telkomsel Down. Penyebab Gangguan IndiHome & Telkomsel Sudah Diketahui Laut Batam di Kedalaman 20 Meter," tulis dia.

    Layanan Telkomsel dan IndiHome memang sempat terganggu pada Minggu (19/9/2021) malam karena sistem komunikasi kabel laut Jawa, Sumatera dan Kalimantan (Jasuka) ruas Batam-Pontianak telah terputus. Layanan Telkomsel di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua pun terhambat.

    Namun layanan berangsur pulih dan perbaikan maksimal dibutuhkan sekitar satu bulan ke depan. 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini