home ×
Gadget

iPhone 12 Bakal Ikuti Jejak Apple Watch, Dijual Tanpa Adaptor USB?

16 September 2020 By
iPhone 12 Bakal Ikuti Jejak Apple Watch, Dijual Tanpa Adaptor USB?
Share
Share
Share
Share

(Foto: Ilustrasi)

Uzone.id -- Kehadiran Apple Watch Series 6 dan Apple Watch SE di acara tahunan Apple pada 16 September 2020 dini hari menjawab semua rumor yang selama ini berseliweran di jagat maya. Namun, tak ada iPhone baru sama sekali.

Melihat peluncuran jam tangan pintar anyar Apple, Apple Watch Series 6 dan Apple Watch SE, semuanya akan dijual tanpa USB power adapter. Dijelaskan oleh Lisa Jackson selaku VP of Environment, Policy, and Social Initiatives Apple, langkah ini bertujuan demi mengurangi kerusakan lingkungan.

Meski tanpa adaptor, Apple masih membekali Apple Watch baru dengan kabel USB untuk mengisi ulang daya baterainya. Kalau ada pengguna yang tidak memiliki adaptor, tandanya harus membeli secara terpisah. Di situs Apple, adaptor dibanderol USD19.

Baca juga: Pertama Kalinya Setelah 8 Tahun, iPhone Tidak Diumumkan di Bulan September

“Terkadang, ini bukan perkara apa yang kita buat, tapi apa yang tidak kami hadirkan adalah yang terpenting,” ungkap Jackson di atas panggung peluncuran produk.

Langkah ini kemudian diprediksi bisa saja diikuti oleh iPhone generasi baru yang rumornya akan diluncurkan pada Oktober 2020. Apalagi jika alasan Apple adalah persoalan ramah lingkungan, harusnya perangkat iPhone yang menjadi primadona Apple juga bisa mengikuti jejak Apple Watch.

Bagaimana tidak, dari penjelasan Jackson, pengguna Apple telah mengumpulkan adaptor USB dari berbagai perangkat yang mereka beli, dan untuk memproduksi jutaan adaptor tandanya perusahaan harus mengonsumsi sumber daya dan menambah jejak karbon.

Baca juga: Apple Watch Series 6 Dipamerkan, Ini Fiturnya

Pihak Apple mengatakan, menyingkirkan adaptor dari kotak Apple Watch sama saja menghapus 50 ribu mobil dari jalanan setiap tahunnya.

Selama ini, Apple kerap dikecam karena dampak negatif yang dihasilkan terhadap lingkungan. Mengutip Apple Insider, perusahaan yang bermarkas di Cupertino, California, Amerika Serikat itu telah menyumbang sekitar 18.250 ton limbah ke tempat pembuangan sampah pada 2018.

Sejak saat itu, Apple berkomitmen akan menjadi perusahaan yang netral karbon pada 2030 untuk melawan pemanasan global dan perubahan iklim.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Uki Sereal 17 September 2020 | 03:16:33

gila tanpa adaptor dong

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article