icon-category Travel

Jangan Anggap Sepele, Ini 5 Akibat Nama di Tiket Pesawat Beda dengan KTP

  • 29 May 2019 WIB
  • Bagikan :

    Jangan pernah anggap sepele kesalahan penulisan nama sekecil apa pun di dalam tiket pesawat yang kamu terima.

    Sebab, kesalahan kecil nan fatal seperti salah nama ini dapat menyebabkan kamu gagal mengudara, bahkan tak memperoleh kompensasi apa pun jika tidak dibenahi jauh-jauh hari. Seperti lima akibat kesalahan nama pada tiket pesawat yang tak sesuai dengan identitas asli di KTP yang dihimpun Suara.com berikut.

    Apa saja?

    Berikut di antaranya!

    Tidak bisa masuk bandara

    Beberapa bandar udara di Indonesia memberlakukan pemeriksaan ketat bahkan sedari pintu masuk bandara.

    Tak jarang para petugas melakukan pengecekan identitas yang mengharuskan setiap calon penumpang menunjukkan identitas asli di KTP dan tiket pesawat mereka.

    Jika nama yang tertera di tiket tidak sesuai dengan KTP, besar kemungkinan kamu tidak akan bisa memasuki bandara sebab tak lolos pemeriksaan otoritas setempat.

    Tidak dapat check in

    Jika pun berhasil melewati amatan petugas pintu bandara, petugas check in akan meminta setiap calon penumpang menunjukkan tiket pesawat dan KTP mereka.

    Jika nama yang tertera di tiket tidak sesuai dengan KTP, kamu terancam tidak dapat meneruskan penerbangan sebab ketentuan ini termaktub dalam SK Menteri Perhubungan Nomor 14 Tahun 1989 tentang Keamanan Penerbangan yang mengharuskan nama dalam tiket pesawat sesuai dengan identitas asli penumpang.

    Ilustrasi membeli tiket pesawat. (Shutterstock)
    Ilustrasi membeli tiket pesawat. (Shutterstock)

     

    Tidak memperoleh asuransi

    Apapun yang terjadi pada tiket pesawatmu yang bermasalah akibat nama yang tertera di tiket pesawat tak sesuai dengan KTP, asuransi tak akan ambil pusing dan tak akan menanggung apa pun.

    Tidak memperoleh kompensasi

    Saat nama yang tertera di tiket tidak sesuai dengan KTP, kamu juga tidak berhak atas kompensasi dari maskapai. Termasuk kompensasi apabila barang bawaanmu di bagasi rusak maupun hilang.

    Dianggap teroris

    Bahkan yang paling celaka, jika nama yang tertera di tiket tidak sesuai dengan KTP, tidak menutup kemungkinan kamu akan dicurigai sebagai seorang teroris.

    Nah, itulah lima akibat kesalahan nama pada tiket pesawat yang tak sesuai dengan identitas asli di KTP.

    Segeralah benahi penulisan nama di tiket pesawat yang tidak sesuai dengan identitas aslimu jauh-jauh hari ya!

     

    Berita Terkait:

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini