icon-category Health

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Setelah Makan

  • 24 Mar 2017 WIB
  • Bagikan :

    Banyak orang yang tak memiliki banyak waktu luang dan selalu mengerjakan rutinitas dengan terburu-buru. Kadang-kadang, habis sarapan kita langsung mandi, dan menganggap hal itu tak berbahaya.

    Namun, menurut laman Bright Side, ada lima hal yang tak boleh dilakukan setelah makan.

    1. Mandi
    Saat mandi, suhu tubuh kita sedikit naik. Untuk mengatasinya, tubuh mengirim sedikit lebih banyak darah ke kulit dibanding biasanya. Hal ini dapat merusak proses pencernaan dan memperlambat metabolisme. Waktu terbaik mandi adalah 30 menit setelah makan.

    Baca juga: Piring Bikin Langsing! Simak 5 Kunci Lainnya

    2. Minum teh
    Bagi sebagian orang, secangkir teh hangat sudah jadi kebiasaan untuk menemani santapan. Namun studi menunjukkan bahwa minuman yang tak berbahaya ini dapat mengganggu penyerapan zat besi, mineral yang memainkan peran penting dalam tubuh kita.

    Karena itu, anak-anak, ibu hamil, dan orang-orang yang menderita kurang zat besi harus menghindari minum teh setidaknya satu jam setelah makan. Orang dewasa sebaiknya justru minum kopi, yang memang tak boleh diminum saat perut kosong. Atau minum air putih saja.

    3. Tidur
    Mitos bahwa tidur bisa membuat gemuk sudah lama dibantah. Namun tidur dengan perut kenyang bisa menyebabkan heartburn atau rasa panas di dada, sendawa, dan tingginya asam lambung.

    Apalagi sudah terbukti bahwa kebiasaan tidur langsung setelah makan siang atau makan malam bisa meningkatkan risiko stroke. Para ahli sepakat tidur sebaiknya dilakukan setidaknya dua jam setelah makan.

    4. Olahraga
    Para ahli tidak menyarankan berolahraga sesaat setelah makan. Alasannya, bisa menimbulkan ketidaknyamanan, seperti cegukan, mual, peningkatan risiko trauma, dan kejang. Tunggu setidaknya dua jam setelah makan untuk berolahraga, atau sebaiknya jalan kaki saja untuk mengawali olahraga.

    Baca juga: Menikmati Penderitaan Orang Lain? Mungkin Anda Suka Gosip

    5. Rokok
    Hampir semua sistem dalam tubuh kita bekerja selama proses pencernaan aktif. Dalam hal ini, nikotin akan diserap dua kali lipat, sehingga dapat meningkatkan efek bahayanya.

    Tembakau juga terbukti bisa menghambat penyerapan vitamin dan mineral, termasuk kalsium serta vitamin C dan D. Sebaiknya memang Anda berhenti merokok sepenuhnya. Tapi, kalau tidak bisa, tunggu setidaknya 20 menit setelah makan sebelum merokok.

    ANTARA


    Berita Terkait:

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini