icon-category Digilife

Jeff Bezos Sukses Terbang ke Luar Angkasa

  • 21 Jul 2021 WIB
  • Bagikan :

    Foto: Twitter @blueorigin

    Uzone.id -- Miliuner Jeff Bezos akhirnya mewujudkan keinginan terpendamnya untuk terbang ke luar angkasa. Menunggangi roket New Shepard bikinan Blue Origin, momen ini menjadi sejarah baru bagi perusahaan wahana antariksanya itu sebagai penerbangan berawak pertama.

    Bezos terbang ke luar angkasa pada Kamis (21/7) dini hari, atau Rabu (20/7) waktu Texas bagian barat, Amerika Serikat. New Shepard dan seluruh awak meluncur di situs peluncuran pribadi dekat Van Horn, Texas.

    Bersama adiknya, Mark Bezos, pionir penerbangan antariksa Wally Funk, dan mahasiswa usia 18 tahun bernama Oliver Daemen, Bezos meluncur dengan penuh sukacita. Perjalanan ke antariksa itu memakan waktu sekitar 10-11 menit.

    “Hari terbaik yang pernah ada!” teriak Bezos.

    Baca juga: Remaja 18 Tahun Ini Jadi Penumpang Pertama Wisata Luar Angkasa Jeff Bezos

    Dua menit menjelang jelajah luar angkasa, kapsul mini yang menjadi tempat para penumpang terpisah dari roket dan terus terbang menuju Karman Line, batasan paling atas yang menandakan atmosfer telah mencapai “luar angkasa”, yakni 100 kilometer di atas permukaan Bumi. Semua awak berteriak “wow!” secara bersamaan.

    Perjalanan tersebut menyuguhkan pemandangan Bumi yang mempesona, dan ketika Bezos merasakan sensasi dari mikrogravitasi, ia berujar, “saya merasa sangat normal.”

    “Sangat menakjubkan, saya menyukainya dan tak sabar pergi lagi,” tutur Funk.

    Sementara itu, akun Twitter resmi Blue Origin memberikan deretan twit mengenai perjalanan luar angkasa tersebut dari meluncur pertama kali, hingga pendaratan. Seluruh awak Blue Origin mendarat di gurun Texas Barat dengan kapsul mini tersebut.

    “Harapan saya tinggi dan ternyata semua tercapai secara dramatis,” ungkap Bezos lagi.

    Perjalanan wisata ke antariksa menggunakan New Shepard bikinan Blue Origin ini begitu dinantikan oleh Bezos.

    Baca juga: Perbandingan Harga Tiket Wisata Antariksa Jeff Bezos vs. Richard Branson

    Di tengah misi ambisius ini, Bezos sempat mendapat kritik karena menawarkan perjalanan luar angkasa yang dikhususkan bagi orang-orang super kaya -- banyak yang menganggap uang yang dihamburkan tersebut dapat digunakan untuk kenaikan gaji para karyawannya atau berkontribusi melawan perubahan iklim.

    Diketahui, pada Juni kemarin, seorang pemenang lelang membayar sekitar USD28 juta atau sekitar Rp398 miliar untuk perjalanan ke luar angkasa bersama Bezos. Sayangnya, orang ini membatalkannya dan posisinya digantikan oleh oliver.

    Hasil dari tiket pemenang akan disumbangkan ke yayasan Blue Origin bernama Club for the Future, sebuah badan amal sains dan pendidikan yang bertujuan untuk menginspirasi generasi masa depan untuk mengejar karir dalam sains, teknologi dan matematika, dan membangkitkan minat dalam eksplorasi ruang angkasa.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini