home ×
Digilife

Jepang dan Finlandia Kerja Sama Kembangkan Jaringan 6G

16 June 2021 By
Jepang dan Finlandia Kerja Sama Kembangkan Jaringan 6G
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Foto: Freepik)

Uzone.id - Perusahaan telekomunikasi ternama dari Jepang dan Finlandia tengah bekerja sama untuk mengembangkan jaringan 6G. Kerja sama ini dikatakan fokus pada penelitian dan pengembangan teknologi 6G untuk menyaingi China.

Baca juga: MediaTek sedang Mengembangkan Chipset 6G

Seperti dikutip Uzone.id dari Gizmo China, berdasarkan laporan NikkeiAsia, Nokia sebagai produsen peralatan telekomunikasi Finlandia akan bergabung dalam upaya ini. Selanjutnya, Beyond 5G Promotion Consortium dari Jepang juga akan segera menandatangani perjanjian dengan grup 6G Flagship dari Finlandia.

Sebagai informasi, kerja sama ini juga diumumkan lebih di Global Digital Summit 2021, pada 15 Juni 2021. Ini merupakan acara yang diselenggarakan oleh Nikkei dan Kementerian Urusan Dalam Negeri dan Komunikasi Jepang.

Baca juga: Jepang Berencana Menerapkan 6G pada 2030

Upaya ini muncul, setelah ada komitmen senilai USD4,5 miliar (sekitar Rp64,1 triliun) antara Jepang dan Amerika Serikat untuk pengembangan teknologi komunikasi generasi selanjutnya, yakni 6G.

Beyond 5G Promotion Consortium dari Jepang sendiri juga bertujuan untuk mengomersialkan teknologi 6G di sekitar tahun 2030. Hal ini dikatakan akan melibatkan pemain telekomunikasi Jepang, seperti Nippon Telegraph & Telephone, NTT Docomo, KDDI, SoftBank Corp, dan Rakuten Mobile.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id