icon-category Lifestyle

Jumlah Sampah Jakarta Setahun Bisa Buat 150 Bangunan ala Candi Borobudur

  • 21 Sep 2019 WIB
  • Bagikan :

    Jumlah Sampah Jakarta Setahun Bisa Buat 150 Bangunan ala Candi Borobudur.

    Pernah nggak sih terpikir berapa banyak sampah yang kita hasilkan dalam sehari? Lalu satu kota ada berapa ton sampah menumpuk? Ternyata jumlahnya cukup fantastis loh.

    Suku Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Kepulauan Seribu Jakarta, Riza Lestari Ningsih menyebut jumlah sampah yang ada di kota Jakarta dalam setahun bisa membangun ratusan bangunan seperti candi terbesar di Indonesia, yaitu Candi Borobudur. 

    Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Kepulauan Seribu Jakarta, Riza Lestari Ningsih [Suara.com/Dini]
    Suku Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Kepulauan Seribu Jakarta, Riza Lestari Ningsih [Suara.com/Dini]

    "Karena kalau dikatakan satu hari itu (Bantar Gebang) bisa nerima 7800 ton per hari. Jadi kalau dijumlahkan itu sama dengan setengah bangunan Candi Borobudur, kalau gitu setahun kita bisa membangun (model bangunan) 150 Candi Borobudur baru, itu hanya dari sampah ya," ujar Riza di Co Hive 101, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (21/9/2019)

    Mirisnya sampah itu hanya berasal dari kota Jakarta yang terdiri dari 44 kecamatan. Sedangkan, mayoritas sampah didominasi dari sampah rumah tangga dan apartemen sebesar 60,5 persen.

    Tidak hanya, itu truk yang dikerahkan untuk mengangkut sampah dari Jakarta menuju Bantar Gebang di Bekasi berjumlah 1278 truk dengan bantuan 33.000 lebih petugas pasukan. Riza kemudian mengkalkulasikan jumlah truk itu bisa memenuhi 4 kali jalan Jenderal Sudirman, Jakarta.

    "Iya itu (Jalan Jenderal Sudirman) 4 kilometer panjangnya, bisa 8 kilometer berarti dua kali jalan Jenderal Sudirman. Itu lebarnya jalan 20 meter, sedangkan satu truk lebarnya 2 meter panjangnya 5 sampai 7 meter, bisa truk nya itu sekitar 1300-an lah. 1278 detailnya," paparnya.

    "Jadi kalau di jejerin, itu sampah Jakarta doang yang ke bantar gerbang satu hari, itu ada sekitar 1300 truk tuh beriringan, baru ngangkut ke Bantar Gebang itu sekitar segitu," tutupnya.

     

     

    Berita Terkait:

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini