Lifestyle

Kalau Ingin Sukses Banting Setir ke Pekerjaan Lain, Ini Saran dari Ahli!

  • 28 October 2018
  • Bagikan :
    Kalau Ingin Sukses Banting Setir ke Pekerjaan Lain, Ini Saran dari Ahli!

    Erica Keswin adalah seorang pelatih karier yang cukup terkenal di New York. Kali ini situs Business Insider mewawancarai dia terkait bagaimana caranya agar bisa pindah karier secara efektif bagi karyawan. Pindah pekerjaan tentu tidak ingin dilakukan oleh semua orang pada awalnya. Akan tetapi, hal ini akan terpaksa dilakukan jika kamu akan memiliki karier yang biasa-biasa saja dan tidak ada perkembangan sama sekali.

     

    Keswin mengatakan untuk bisa pindah karier ada baiknya kamu harus mulai menganalisa apa yang ingin kamu lakukan setelah keluar dari bidang pekerjaanmu itu. Lalu, kamu harus menganalisa ilmu yang apa yang kamu punyai dari pengalaman kerja dan bisa digunakan untuk bidang kerja lainnya. Ini cukup penting karena tidak semua orang bisa melakukannya. Bayangkan jika ada seorang guru yang menjadi salesman. Ini tentu kadang sulit diterima oleh user. Merasa pasti merasa ini tidak masuk akal dan akan mengulang kembali dari nol.

     

    Akan tetapi, jika sang guru ini bisa mengolah dan menganalisa ilmu yang dia pakai, maka dia sebenarnya bisa meyakinkan sang user untuk merekrut dia sebagai salesman. Kesamaan guru dan salesman adalah mereka sama-sama berkomunikasi. Mereka harus memiliki produk knowledge yang baik agar bisa menyampaikan informasi dengan bagus kepada klien. Jadi, jika sang guru bisa menjelaskan hal seperti ini kepada user, tentunya user bisa lebih percaya diri untuk merekrut sang guru.

     

    Hal seperti itulah yang dimaksud oleh Keswin. Kamu harus mampu menjelaskan skill apa yang kamu punyai dan berguna untuk bidang lain. Kamu juga harus tahu kenapa kamu ingin bekerja di bidang itu. Kira-kira ada ilmu apa yang membuat kamu yakin bahwa kamu cocok kerja di bidang itu.

     

    Selain itu, ada baiknya kamu membuat bidang yang ingin kamu kerjakan sesempit mungkin sehingga ini memungkinkan kamu untuk bekerja dan memberikan tenaga lebih baik. Jika kamu tidak memfokuskan energimu ke suatu bidang sesempit mungkin, kamu sendiri yang bakal lelah dan tidak berkembang. Semoga informasi ini bermanfaat!

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini