icon-category Digilife

Kaleidoskop 2021: Makin Hari, Instagram Makin Mirip TikTok

  • 29 Dec 2021 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Aplikasi Instagram (Claudio Schwarz/Unsplash)

    Uzone.id - Instagram Reels pertama kali diperkenalkan pada tahun 2020 lalu. Sudah hampir satu tahun lebih fitur video pendek ini menemani pengguna setia Instagram.

    Tahun 2021 menjadi perjalanan bagaimana Instagram menambahkan berbagai fitur baru ke Reels agar pengguna makin betah menikmati sajian video pendek di platform mereka, alih-alih di TikTok.

    instagram-reels

    Fitur baru yang dihadirkan merupakan salinan dari fitur yang sudah ada di aplikasi TikTok. Jadi, sedikit demi sedikit selama tahun 2021 ini, Instagram mengubah platformnya menjadi aplikasi video pendek ‘kembaran’ TikTok.

    Terlebih Juli lalu, dalam video yang diposting dalam akunnya @Mosseri, CEO Instagram Adam Mosseri mengatakan bahwa aplikasi mereka bukan lagi aplikasi untuk berbagi foto saja namun juga untuk memberikan hiburan lewat video.

    Baca juga: 5 Tips 'Kabur' Sejenak dari WhatsApp Selama Cuti Liburan

    TikTok memang sangat populer beberapa tahun ini, aplikasi video pendek milik ByteDance bahkan mendominasi internet secara global hingga saat ini. Oleh karena itu, berbagai aplikasi berlomba-lomba menghadirkan fitur serupa agar tidak kehilangan pengguna.

    Di bulan Maret ini, Instagram meluncurkan fitur Remix yang memungkinkan pengguna merekam video yang digabungkan dengan video milik orang lain. Fungsinya mirip dengan fitur Duet yang sudah lebih dulu hadir di TikTok.

    Selanjutnya, Instagram menambahkan durasi Reels yang semula hanya 15 detik menjadi 30 detik lalu diperpanjang kembali menjadi 60 detik. Perubahan durasi ini juga terjadi di TikTok, yang semula hanya 1 menit menjadi 3 menit di tahun 2021.

    Baca juga: Kaleidoskop 2021: Facebook Dituding Biang Pembantaian Rohingya

    Kemudian Reels pun menambahkan fitur text-to-speech, fitur efek suara dan Superbeat yang berfungsi untuk menambah efek dan cara baru untuk menampilkan lirik dalam video.

    Selanjutnya, baru-baru ini Instagram menambahkan fitur Reels Visual Replies yang memungkinkan pengguna membalas komentar menggunakan video, komentar ini kemudian akan ditampilkan sebagai stiker dalam video balasan tersebut. Fitur yang lagi dan lagi sudah ada di TikTok.

    Adam Mosseri sebelumnya mengatakan bahwa Instagram tak lagi hanya aplikasi foto namun juga video yang menghibur. November lalu, aplikasi ini menggabungkan IGTV dan Video Feeds yang memiliki durasi di bawah 15 menit menjadi video Reels.

    Uji coba penggabungan konten video singkat menjadi Reels

    Fitur tersebut sebagai jawaban Instagram untuk memberikan video menghibur yang bisa dinikmati langsung di feed mereka dan menjelajah video layar penuh dengan kualitas tinggi.

    Penggabungan ini akan memberikan kemudahan pada kreator untuk membuat konten video singkat sekaligus mendorong video tersebut ditemukan lebih banyak pengguna lain.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini