Digilife

Karyawan Google Boleh WFH Selamanya, tapi Potong Gaji

  • 13 August 2021
  • Bagikan :
    Karyawan Google Boleh WFH Selamanya, tapi Potong Gaji

    Ilustrasi (Foto: Unsplash)

    Uzone.id - Sejumlah karyawan Google mendapat opsi untuk melakukan sistem Work From Home (WFH) secara permanen walaupun nanti pandemi sudah usai. Namun demikian, mereka akan dipotong gaji.

    Ini adalah eksperimen yang berlangsung di Silicon Valley, yang sering kali menjadi tren bagi perusahaan besar lainnya. Facebook dan Twitter memotong gaji untuk karyawan WFH  yang pindah ke daerah yang lebih murah.

    Namun, alat kalkulator pembayaran Google – yang memungkinkan staf untuk melihat efek dari suatu perpindahan – menunjukkan bahwa karyawan dapat mengalami pemotongan gaji tanpa pindah bila tetap WFH.

    Baca juga: Beda Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro

    Seorang juru bicara Google, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (12/8), mengatakan: "Paket kompensasi kami selalu ditentukan oleh lokasi, dan kami selalu membayar di atas pasar lokal berdasarkan tempat karyawan bekerja.”

    Perusahaan yang lebih kecil termasuk Reddit dan Zillow telah beralih ke model pembayaran agnostik lokasi, dengan alasan keuntungan dalam hal perekrutan, retensi, dan keragaman.

    Seorang karyawan Google, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena takut akan dipecat, biasanya pergi ke kantor Seattle dari daerah terdekat dan kemungkinan akan melihat gaji mereka dipotong sekitar 10 persen dengan bekerja dari rumah penuh waktu.

     Baca juga: Android 13 Diberi Kode Nama Tiramisu?


    Karyawan tersebut sedang mempertimbangkan untuk bekerja jarak jauh tetapi memutuskan untuk tetap pergi ke kantor – meskipun harus menempuh perjalanan selama dua jam.

    “Ini sama dengan pemotongan gaji yang saya dapatkan untuk promosi terbaru saya. Saya tidak melakukan semua kerja keras itu untuk dipromosikan kemudian dipotong gajinya, ”kata mereka.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini