icon-category Technology

Kekuatan Ini Bisa Hancurkan Sampah Antariksa

  • 16 Jan 2018 WIB
  • Bagikan :

    Para periset Cina mengajukan usulan berani untuk membersihkan puing-puing antariksa yang mengelilingi orbit Bumi menggunakan laser raksasa.

    Sebuah makalah dari para ilmuwan di Universitas Teknik Angkatan Udara di Xi'an, menjelaskan bagaimana laser bisa menghancurkan sampah antariksa berukuran besar menjadi lebih kecil sehingga membuat mereka tidak berbahaya.

    Saat ini, tim tersebut sedang mempersiapkan simulasi stasiun laser. Menurut mereka, simulasi akan menyediakan dasar teoritis yang diperlukan untuk pengoperasian stasiun laser berbasis dan penerapannya.

    Tim tersebut mengatakan bahwa mereka sedang meneliti variasi kecepatan dari puing-puing dan memodelkan manuver orbit puing-puing tersebut.

    Saat ini, NASA memperkirakan ada lebih dari 100 juta keping puing-puing orbital berukuran kurang dari 1 cm yang mengelilingi Bumi. Kendati berukuran kecil, puing antariksa dapat menghancurkan satelit dengan serius.

    Puing berkecepatan tinggi yang mengorbit planet ini dipandang sebagai ancaman serius bagi misi ruang angkasa di masa depan.

    Nicholas Johnson, ilmuwan kepala untuk Orbital Debris, mengatakan bahwa puing-puing ini berpotensi untuk secara serius mengganggu atau menghentikan misi pesawat ruang angkasa yang melayang di orbit Bumi yang rendah.

    "Pecahan satelit ini paling banyak menyebabkan sampah serius dalam 50 tahun operasi ruang angkasa," ujarnya. [Dailymail]

    Tags : cina antariksa bumi nasa 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini