Sponsored
Home
/
Automotive

Ketika Profit Suzuki Diselamatkan Mobil yang Identik dengan Angkot

Ketika Profit Suzuki Diselamatkan Mobil yang Identik dengan Angkot
Preview
Bagja Pratama14 January 2021
Bagikan :

Foto: Bagja - Uzone.id

Uzone.id - 2020 jelas tahun yang berat bagi semua pabrikan mobil. Tak terkecuali Suzuki Indonesia. Namun beruntung, pabrikan berlogo S ini diselamatkan mobil yang identik dengan angkot.

Yess, apalagi kalau bukan Suzuki Carry. Memang kali ini bukan untuk angkot, tapi versi pikapnya. Tapi tetap saja, dengan kontribusi penjualan 57,6% menjadikan Carry sebagai tulang punggung penjualan Suzuki.

Di saat pasar kendaraan roda empat nasional turun sekitar 50% pada tahun 2020, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mampu bertahan cukup baik pada periode Januari-Desember 2020 dengan raihan wholesales 65,9% dan retail sales 70,4% jika dibandingkan dengan performa periode yang sama tahun 2019.

Baca juga: Alasan Apple Car Belum Akan Terealisasi di 2028

Kendaraan buatan dalam negeri yang diproduksi di Cikarang dan Tambun mendominasi raihan tersebut dengan kontribusi lebih dari 90% terhadap total penjualan nasional Suzuki selama 2020.

“Tahun 2020 adalah tahun yang berat untuk industri otomotif. Namun kami berhasil melewatinya dengan cukup baik berkat program-program yang fokus pada penjualan produk lokal," terang Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS.

Kontribusi produk lokal Suzuki tahun 2020 sebesar 91,1% untuk wholesales dan 90,6% untuk retail sales. Fokus pada pengembangan dan pemasaran produk lokal ini juga bertujuan untuk mendukung pemulihan industri otomotif dalam negeri.

Kendaraan produksi lokal yang berkontribusi paling tinggi pada penjualan tahun lalu adalah New Carry Pick Up dan XL7. Sepanjang 2020, wholesales New Carry Pick Up berkontribusi sebesar 57,6% sementara retail sales-nya berkontribusi 57,9% terhadap penjualan nasional
Suzuki.

Untuk kendaraan penumpang, Extraordinary SUV Suzuki, yaitu XL7, menjadi kontributor terbesar dengan raihan 14,9% untuk wholesales dan 11,8% untuk retail sales. XL7 menjadi salah satu backbone penjualan Suzuki beriringan dengan All New Ertiga yang berkontribusi 11,4% pada wholesales dan 13,3% pada retail sales.

Selain New Carry Pick Up, XL7, dan All New Ertiga, produk lainnya yaitu APV dan Karimun Wagon R juga merupakan produk buatan lokal yang berkontribusi pada penjualan Suzuki baik di dalam negeri maupun pasar ekspor.

VIDEO Diskon Pajak Mobil Baru & Jeritan Pedagang Mobil Bekas:

populerRelated Article