Health

Kiat Mudik Sehat, Aman, dan Selamat dari Menkes

  • 07 June 2018
  • Bagikan :
    Kiat Mudik Sehat, Aman, dan Selamat dari Menkes

    Uzone.id - Mudik telah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Beberapa hari menjelang hari raya, seperti Lebaran, orang berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk merayakan momen berharga ini bersama keluarga. Perjalanan via darat, laut, dan udara pun menjadi lebih padat dari hari biasa.

    Karena itu, kamu yang berencana mudik, terutama menggunakan kendaraan pribadi, perlu melakukan persiapan khusus agar tetap aman dan sehat selama di perjalanan.

    Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila F Moeloek bahkan menyerukan beberapa kiat mudik sehat, aman, dan selamat dalam kemkes.go.id, laman resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

    via GIPHY

    Beberapa di antaranya, yaitu menyiapkan fisik yang sehat dan prima sebelum mudik, memeriksa kondisi kelayakan kendaraan, dan tidak meminum obat-obatan atau minuman yang menyebabkan kantuk sebelum dan selama mengemudi.

    “Pesan saya, bagi para pemilik kendaraan, bus, mobil, dan motor harus di cek terlebih dahulu sebelum berangkat'," pesan Nila seperti ditulis di dalam sebuah publikasi di kemkes.go.id.

    Nila menyatakan bahwa sebaiknya tidak menggunakan sepeda motor saat mudik. “Namun, bila terpaksa harus menggunakan sepeda motor, harus membatasi barang bawaan dan menjadwalkan istirahat,” imbuhnya.

    via GIPHY

    Nila juga menyampaikan agar jangan memaksakan diri untuk mengemudi bila sudah lelah atau mengantuk.

    “Istirahat selama 15 menit setelah perjalanan empat jam menggunakan mobil. Bagi pengemudi motor, istirahat setiap dua jam. Jangan lupa cek tekanan darah. Lakukan peregangan, agar peredaran darah kembali lancar sehingga kita akan kembali segar,” ujar Nila.

    Para pemudik juga diimbau untuk patuh pada rambu lalu lintas dan mengendalikan kecepatan kendaraan pada kondisi jalanan rusak, bergelombang, saat hujan, dan cuaca buruk.

    Kiat lain yang juga perlu diperhatikan, yaitu kendaraan tidak melebihi muatan yang layak, menggunakan masker dan melindungi diri dari polusi udara, serta mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini