icon-category Auto

Komponen dari China Langka Karena Virus Corona, Honda Pangkas Produksi

  • 03 Mar 2020 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Honda mulai merasakan imbas dari gempuran virus Corona. Beberapa komponen yang berasal dari China pun jadi langka, sehingga membuat pabrikan Jepang ini mengambil langkah taktis.

    Honda Motor Co sementara akan mengurangi produksi mobilnya di Jepang karena kesulitan dalam pengadaan suku cadang dari China di tengah wabah virus korona, seperti dilaporkan Nikkei Asian.

    Pemotongan itu yang akan berlangsung selama beberapa hari mulai awal Maret dan rencananya beberapa ratus unit akan coba dikurangi di dua pabrik Honda di Prefektur Saitama, Jepang.

    Baca juga: DFSK Bersiap Luncurkan Van Pesaing Gran Max

    Ini jadi pukulan tersendiri bagi Honda, mengingat dalam dua tahun terakhir keuntungan mereka tergerus karena harus melakukan beberapa kali recall produk terkait dengan kualitas dari vendor.

    Honda bergabung dengan sejumlah pembuat mobil lain yang produksinya dipengaruhi oleh virus. Hyundai menghentikan produksi pabriknya setelah salah satu pekerja dinyatakan positif mengidap virus Corona.

    Toyota sebelumnya memperingatkan bahwa operasional di pabriknya di Jepang dapat dipengaruhi oleh masalah rantai pasokan, tidak lama setelah Nissan menghentikan operasional pabrik di Jepang.

    Daimler dan Jaguar Land Rover membuat peringatan serupa. Sejumlah pabrik telah ditutup di China, termasuk Honda. Lalu bagaimana dengan Honda di Indonesia?

    "Belum tau kedepannya, kalau gak panjang, saya rasa masih aman. kita pantau jam per jam, day per day. So far pabrik kami di Karawang belum terganggu supply chain-nya akibat virus corona," kata Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM, Yusak Billy.

    VIDEO Mitsubishi New Triton Ultimate Test Drive, Terlalu Canggih Buat Offroad

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini