home ×
Gadget

Layar MacBook Ringkih, Bisa Rusak karena Penutup Webcam

13 July 2020 By
Layar MacBook Ringkih, Bisa Rusak karena Penutup Webcam
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Apple memperingatkan pengguna yang kerap menutup webcam di laptop buatannya. Menurut pihak Apple, layar perangkat bisa rusak jika penutup webcam itu masih digunakan saat laptop dalam keadaan tertutup.

Perangkat yang dimaksud bukan hanya MacBook tapi juga termasuk MacBook Air dan MacBook Pro. Apple mengklaim jika penutup webcam itu cukup mempengaruhi beberapa fitur yang terkait dengan layar perangkat.

"Menutup MacBook dengan penutup webcam yang masih terpasang akan merusak layar karena Mac dirancang dengan jarak ruang antara layar dan keyboard sangat tipis," ujar pihak Apple, dikutip dari MacRumors, Senin, 13 Juli 2020.

Baca juga: Apple Tak Lagi Sertakan Charger dalam Pembelian Perangkat iPhone

Bukan hanya karena jarak antara layar dan keboard, Apple mengatakan fitur-fitur di dalam layar Macbook pun bisa berpengaruh jika penutup webcam masih digunakan setiap saat. Beberapa di antaranya adalah mempengaruhi kecerahan otomatis, True Tone, yang akan menganggu ambient light sensor.

Sebagai solusinya, kata pihak Apple, ketimbang harus menggunakan penutup webcam, Apple menyarankan untuk memanfaatkan lampu indikator webcam. Para pengguna MacBook bisa melihat lampu indikator masih berwarna hijau jika webcam masih aktif.

Apple memastikan jika lampu indikator akan terus menyala jika kamera masih tetap terpakai. Selain itu, pengguna MacBook juga bisa memiliki kendali atas aplikasi apa saja yang bisa diakses oleh Webcam tersebut, melalui pengaturan System Preferences di komputer.

Penggunaan penutup webcam saat ini memang sedang menjadi tren. Isu ini berkembang pertama kali saat pendiri Facebook Mark Zuckerberg ketahuan menutup webcam laptop-nya, dalam sebuah foto yang beredar. Penutupan webcam ini dikarenakan adanya kekhawatiran hacker bisa mengendalikan webcam laptop tanpa kita sadari.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

3 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Andar str 10 August 2020 | 21:30:22

Tapi banyak yang kurang suka dengan lampu indikator

Satria Kelana 13 July 2020 | 09:12:56

kalau pakai barang bagus sebaiknya kita kudu hati hati dalam pemakaian nya

oki puntoro 13 July 2020 | 08:20:16

loh kok bisa rusak gara gara cuman itu si

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article