Startup

Luhut Ingin PeduliLindungi Ada Fitur Pembayaran Digital

  • 23 September 2021
  • Bagikan :
    Luhut Ingin PeduliLindungi Ada Fitur Pembayaran Digital

    Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) (Instagram @luhut.pandjaitan)

    Uzone.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan punya harapan lebih terhadap fungsi aplikasi PeduliLindungi.

    Menurut Luhut, PeduliLindungi bisa menjadi super app di mana di dalamnya terdapat fitur pembayaran digital.

    "Nanti mungkin kita coba masukkan ke digital app PelindungiLindungi. Jadi, platform berbagai macam saja bisa masuk," ungkap Luhut saat berbicara di acara Pembukaan Puncak Kreatif Indonesia 2021, Kamis (23/9/2021).

    Luhut melihat potensi PeduliLindungi memungkinkan untuk jadi super app karena masyarakat Indonesia sudah banyak menggunakan pembayaran digital melalui fitur Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

    Luhut juga berharap Indonesia bisa membuktikan kepada dunia kalau negeri tercinta ini bisa jauh lebih berkembang dibandingkan kondisi ketika 7 hingga 10 tahun yang lalu.

    BACA JUGA: Tukul Alami Pendarahan Otak, Netizen Ramai Kirim Doa

    Apa itu PeduliLindungi?

    PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).

    Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita Covid-19 dapat dilakukan.

    Pengguna PeduliLindungi juga akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau berada di zona merah, yaitu area atau kelurahan yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi Covid-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan.

    Cara Kerja PeduliLindungi

    Pada saat kamu mengunduh PeduliLindungi, sistem akan meminta persetujuan kamu untuk mengaktifkan data lokasi. Dengan kondisi lokasi aktif, maka secara berkala aplikasi akan melakukan identifikasi lokasi kamu serta memberikan informasi terkait keramaian dan zonasi penyebaran COVID-19.

    BACA JUGA: Khaby Lame: Di PHK dari Pabrik hingga Jadi Raja TikTok Penghasilan Milyaran

    Hasil tracing ini akan memudahkan pemerintah untuk mengidentifikasi siapa saja yang perlu mendapat penanganan lebih lanjut agar penghentian penyebaran COVID-19 dapat dilakukan.

    Sehingga, semakin banyak partisipasi masyarakat yang menggunakan aplikasi ini, akan semakin membantu pemerintah dalam melakukan tracing dan tracking.

    PeduliLindungi mengatakan, aplikasinya merahasiakan data pribadi pengguna. Data pengguna disimpan aman dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain.

    Data pengguna hanya akan diakses bila pengguna dalam risiko tertular Covid-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan.

     

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini