icon-category Gadget

Maaf Samsung, Apple Jadi Raja Smartphone Dunia di Q4 2021

  • 25 Jan 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Logo Apple (Laurenz Heymann/Unsplash)

    Uzone.id - Berkat perilisan iPhone 13 pada tahun 2021, Apple berhasil merebut posisi pertama pangsa pasar smartphone dunia di kuartal keempat tahun 2021 setelah 3 kuartal terakhir kalah dari Samsung.

    Apple berhasil menyumbang 22 persen dari pengiriman ponsel dunia pada kuartal terakhir 2021 berkat iPhone 13 yang laris manis di pasaran. Di posisi kedua, ada Samsung yang harus rela turun dengan pangsa pasar 20 persen.

    Mengutip dari Canalys, Senin, (24/01/2022), pengiriman smartphone secara keseluruhan hanya mengalami peningkatan sekitar 1 persen saja. Hal ini dikarenakan masalah rantai pasokan dan juga bangkitnya angka kasus COVID-19. 

    Baca juga: Karyawan Apple Wajib Vaksin Booster Covid-19 kalau Mau WFO

    Di posisi ketiga untuk pengiriman smartphone dunia ada brand asal China, Xiaomi dengan pangsa 12 persen, disusul OPPO dan vivo dengan masing-masing 9 dan 8 persen.

    “Apple kembali ke puncak pasar smartphone setelah tiga kuartal, didorong oleh kinerja luar biasa dari iPhone 13,” kata analis Sanyam Chaurasia dari Canalys.

    Selain itu, rantai pasokan Apple juga dianggap sudah mulai pulih namun masih harus memangkas produksi pada kuartal ini di tengah krisis komponen utama. Hal ini membuat mereka tidak cukup memenuhi permintaan iPhone.

    Baca juga: Ketika Para Anti-Vaksin Benci Bill Gates, Tapi Malah Rusuh di Apple Store

    Pengaruh dari hal tersebut, Apple mempertahankan waktu pengiriman yang memadai, begitupun beberapa pasar harus mengantri untuk mendapatkan iPhone baru mereka.

    Menurut VP Mobility Canalys, Nicole Peng, hambatan rantai pasokan merupakan salah satu yang paling mempengaruhi vendor low-end

    Ia juga menambahkan bahwa hambatan ini tidak akan berkurang setidaknya hingga paruh kedua pada tahun 2022 ini.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini