Digilife

Mahal Banget, 5 NFT Ini Laku Hingga Ratusan Miliar Rupiah

  • 15 January 2022
  • Bagikan :
    Mahal Banget, 5 NFT Ini Laku Hingga Ratusan Miliar Rupiah Ilustrasi foto: Pawel Czerwinski/Unsplash

    Uzone.id - Selama satu tahun terakhir, tren akan aset digital dalam bentuk NFT memang terus memuncak. Tokoh-tokoh terkenal juga makin membuat tren ini digandrungi.

    Di Indonesia sendiri, NFT menjadi perbincangan hangat setelah Ghozali Ghozalu atau Ghozali Everyday berhasil mengumpulkan cuan hingga Rp12,6 Miliar berkat foto selfie nya yang dijual dalam bentuk NFT.

    Aset digital yang dijual dalam bentuk NFT bisa memiliki nilai yang tinggi, contohnya Ghozali ini. Koleksi foto selfie nya sebanyak 933 lebih dari 2017 hingga 2021 terjual hingga milyaran Rupiah, padahal hanya sekedar foto selfie.

    Selain koleksi foto selfie Ghozali yang dijual seharga miliaran Rupiah dalam bentuk NFT, 5 penjualan NFT ini berhasil menjadi penjualan termahal selama 2021.

    Beeple, EVERYDAYS: THE FIRST 5000 DAYS, Rp991 Miliar

    beeple 5000 days

    dok. Rumah lelang Christie's

    Artis terkenal Beeple mulai terjun ke tren NFT pada Maret dengan melelang karya bersejarahnya EVERYDAYS: THE FIRST 5000 DAYS di rumah lelah Christie’s.

    Karya ini mewakili karya seumur hidup Beeple yang menciptakan gambar digital setiap hari selama 5000 hari berturut-turut dari 2007 hingga Januari 2021.

    Karya ini ditampilkan dalam bentuk kolase oleh sang kreator dan kemudian dibeli oleh MetaKovan, atau Vignesh Sundaresan.

    Penjualan karya Beeple ini menjadi karya termahal ketiga yang pernah dijual oleh living artist sekaligus menjadi perkenalan NFT ke dunia dalam skala yang besar. Bisa dibilang, karya ini menjadi pintu awal bagi masa NFT yang luar biasa.

    Beeple, Human One, Rp413 Miliar

    human one

    Dok. Rumah lelang Christie's

    Lagi dan lagi, karya dari Beeple berhasil mencetak harga super tinggi dalam bentuk NFT. penjualan karya Beeple yang kedua dengan karya ‘Human One’ terjual pada bulan November 2021.

    NFT Human One juga menjadi venture atau usaha pertama bagi sang kreator dalam NFT berbentuk fisik.

    Karya seni ini hadir pula dalam bentuk digital yang menunjukkan seorang astronot yang berjalan melewati dunia yang familiar secara samar-samar. Visual dari karya digital ini mampu berubah berdasarkan waktu.

    Penjualan Human One menjadikan Beeple sebagai seorang seniman yang berhasil meraup untung hingga USD100 juta atau sekitar Rp1,4 Triliun. Keuntungan ini dijumlahkan setelah Beeple menjual karyanya lainnya bernama OCEAN FRONT seharga USD6 juta kepada Justin Sun, pendiri Tron.

    CryptoPunk 4156 – 2,500 ETH, Rp145,9 Miliar

    CryptoPunk 4156

    Dok. OpenSea

    Penjualan Punk 4156 sebesar USD10,2 juta atau sekitar Rp145,9 Miliar menandakan tahun yang luar biasa bagi CryptoPunks. Berkat popularitas NFT yang meningkat, koleksi tersebut akhirnya bngkit kembali pada 2021.

    CryptoPunk sendiri merupakan kumpulan 10 ribu gambar piksel yang masing-masingnya menampilkan kepribadian, kombinasi dan ciri khas yang unik. 

    Dari 10 ribu gambar yang ada, ada sekitar 6 ribu lebih karakter lelaki dan 3,8 ribu gambar karakter perempuan.

    Punk 4156 menjadi Punk yang paling terkenal yang pernah ada. Penjualan ini juga mencatat rekor sebagai penjualan NFT tertinggi dalam nilai dolar di pasar terbuka. Posisi tersebut direbut dari dua CryptoPunk lainnya.

    CryptoPunk #3100 – 4.200 ETH, Rp109,7 Miliar

    CryptoPunk #3100

    Dok. OpenSea

    Posisi NFT termahal pada 2021 selanjutnya masih dipegang oleh CryptoPunk. Punk #3100 dibeli pada bulan Maret seharga 4200 Eth atau USD7,67 Juta setara Rp109,7 Miliar.

    Karya seni kriptografi ‘Alien’ Punk 3100 ini adalah salah satu Punk paling langka yang pernah ada. Pembeli dari Punk ini tidak diketahui banyak orang, namun berkat kelangkaannya, Punk ini worth it dihargai dengan angka yang cukup tinggi.

    CryptoPunk #7804 – 4.200 ETH, Rp108,2 Miliar

    CryptoPunk #7804

    Dok. OpenSea

    Yang kelima masih ditempati oleh CyptoPunk yaitu Punk #7804. Punk ini laku sekitar 4200 ETH atau USD7,57 juta atau setara USD108,2 Miliar.

    Gambar piksel berbentuk alien ini diakui sebagai salah satu Punk yang paling estetik yang pernah ada.

    Punk ini terjual sedikit lebih murah karena harga Ethereum yang juga sedang ‘murah’ kala itu. 

    Dilihat dari daftar di atas, Punk menempatkan diri sebagai benda digital yang identik di ruang NFT berkat estetika visualnya dan sifatnya yang bisa dikoleksi.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini