icon-category Digilife

Makin Aman, WhatsApp Sembunyikan Last Seen dari Orang Asing

  • 15 Dec 2021 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: WhatsApp (Dimitri Karastelev/Unsplash)

    Uzone.id - WhatsApp terus menghadirkan pembaruan di platform nya menjelang pergantian tahun. Kali ini, WhatsApp merilis fitur keamanan baru yaitu menyembunyikan status Last Seen dari orang atau kontak tak dikenal.

    Fitur ini nantinya akan secara default menyembunyikan kapan terakhir pengguna membuka aplikasi dari kontak yang tak dikenal atau yang sebelumnya belum mengirim pesan. 

    Sebelumnya, WhatsApp menyetel fitur ‘Everyone’ secara otomatis yang memungkinkan siapa saja melihat status pengguna. Dengan fitur baru ini, WhatsApp memberikan keamanan dan membatasi visibilitas pengguna dari kontak yang belum ditambahkan.

    Baca juga: Fakta-fakta Soal Fitur Chat 24 Jam Hilang di WhatsApp

    Dalam sebuah postingan Twitter, seorang pengguna dengan nama @NiHaolain menjelaskan bahwa dengan fitur ini, orang yang belum ditambahkan ke kontak atau belum pernah mengirim pesan takkan bisa melihat status Online dan Last Seen (Terakhir dilihat) mereka.

    “Kami mempersulit orang yang tidak Anda kenal dan belum mengobrol untuk melihat waktu ‘Last Seen’ dan status ‘Online’ Anda di WhatsApp,” tulis WhatsApp dalam emailnya, dikutip dari The Verge, Selasa, (14/12/2021).

    Sebenarnya, WhatsApp sudah memberikan 3 opsi mengenai peraturan Last Seen ini, seperti Kontak Saya (My Contact), Semuanya (Everyone), dan Tidak Ada (Nobody). 

    Namun, opsi Kontak Saya tidak diatur secara default oleh WhatsApp dan harus diubah sendiri oleh pengguna.

    Baca juga: WhatsApp Luncurkan 2 Fitur Keamanan Baru, Apa Saja?

    Meski terlihat tak berbahaya, WABetaInfo mengatakan bahwa beberapa aplikasi ketiga memanfaatkan fitur ini untuk kegiatan stalking atau mengawasi orang lain.

    Dengan opsi Kontak Saya atau yang sekarang diterapkan secara default oleh WhatsApp, dapat mencegah aplikasi pihak ketiga mengetahui status online seseorang secara diam-diam.

    Hal ini bukan satu-satunya perubahan yang dilakukan WhatsApp dalam fitur Last Seen untuk membuat pengguna semakin aman dan nyaman. 

    November lalu, WaBetaInfo menemukan opsi baru dalam fitur Last Seen yang berfungsi untuk menyembunyikan status online atau waktu terakhir dilihat dari orang-orang tertentu.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini