icon-category Auto

Mandalika Racing Team Indonesia, Diresmikan Jokowi dan Turun di Moto2

  • 28 Oct 2020 WIB
  • Bagikan :

    Andi Gilang, pembalap Moto2 asal Indonesia (Foto: Instagram @27_andigilang)

    Uzone.id - Kemalsyah Nasution, Direktur Mandalika Racing Team Indonesia (MRTI), mengatakan bahwa nama beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sudah memberi konfirmasi untuk menjadi sponsor MRTI. Beberapa BUMN yang sudah diketahui adalah Telkom Indonesia, Pertamina dan BNI. 

    Pria yang akrab disapa Kemal ini menjelaskan, MRTI berbeda dengan tim privateer karena MRTI sudah menjadi tim nasional yang pertama kali hadir di Indonesia.

    "Jadi kita bukan mau bikin tim seperti Rio Haryanto, gitu," kata pria yang akrab disapa Kemal ini saat berbincang dengan Uzone.id, Senin (27/10/2020).

    BACA JUGA: Mandalika Racing Team Indonesia Cari Bibit Muda untuk Balapan International

    Sekedar informasi, Rio Haryanto merupakan pembalap Indonesia yang pernah berlaga di ajang Formula 1 untuk Tim Manor Racing F1 pada tahun 2016 setelah meraih hasil terbaiknya di GP2 pada tahun 2015 dengan menempati peringkat keempat.

    Kemudian, Kemalsyah menuturkan bahwa masih banyak orang di Indonesia masih awam dengan pembinaan para pembalap roda dua khususnya.

    "Termasuk juga kita nanti kerjasama dengan IMI (Ikatan Motor Indonesia) dan Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olah Raga) untuk ada pembinaan atlet-atlet sepeda motor usia muda," kata dia.

    Para sponsor MRTI bisa dibilang perusahaan-perusahaan nasional, namun swasta juga bisa ikut. Untuk sponsor utama dari kalangan BUMN. Pengurus MRTI menyampaikan kepada Kementerian adalah MTRI ingin punya tim balap yang bukan hanya dikelola oleh privateer.

    "Kebetulah pengurus-pengurusnya itu banyak mantan atlet, jadi kita paham banget bagaimana membina seorang atlet. Apalagi jangan sampai ada kolusi dan nepotisme ya, itu jangan," Kemal menegaskan.

    Menurutn Kemal, MRTI rencananya menggelar grand launching bersama Presiden Joko Widodo. Sekaligus dengan livery MRTI. 

    "Karena kan kita sebetulnya turun di Moto2 untuk awal ini, Moto2 kan motornya gak ada, kita gak bisa bawa. Mungkin nanti kita pakai motor apa kita cover pakai livery sesuai dengan yang kita resmikan. Nanti rencananya sama RI 1," kata Kemal.

    Kalender MotoGP pun sudah memasukkan Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, jadi tuan rumah ajang MotoGP pada Oktober 2021.

    VIDEO Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik Lokal GESITS:

     

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini