Digilife

Masuk Mal Harus Sudah Vaksin, Menteri Luhut: Gunakan Aplikasi PeduliLindungi

  • 10 August 2021
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di hampir seluruh wilayah Indonesia. Namun mal dibuka dan hanya mereka yang sudah divaksin yang boleh masuk, serta harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

    Hal tersebut dipaparkan oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut BInsar Pandjaitan. Dia menjelaskan bahwa pengunjung mal wajib memperlihatkan sertifikat vaksin langsung dari aplikasi PeduliLindungi yang telah didownload ke dalam smartphone mereka.

    Baca juga: Masuk Mal Discreening Pakai Aplikasi PeduliLindungi

    "Pemerintah akan melakukan uji coba pembukaan secara gradual untuk mal, pusat perbelanjaan di (daerah) level 4 dengan memperhatikan implementasi protokol kesehatan. Hanya mereka yang sudah di vaksinasi dapat masuk ke mal dan harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi," ujar Luhut dalam konferensi pers-nya secara virtual, 9 Agustus 2021, tadi malam.

    Nantinya, tak hanya kewajiban vaksin dan menunjukkannya di aplikasi PeduliLindungi, ada beberapa ketentuan juga yang disertakan bagi para pengunjung mal. Salah satunya adalah tidak memperbolehkan anak usia di bawah 12 tahun dan di atas 70 tahun untuk mengunjungi mal.

    Para pengunjung mal yang berhasil memperlihatkan sertifikat vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi juga tetap harus mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari memakai masker ganda, mencuci tangan, menjaga jarak, mennghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas atau tidak perlu bepergian jika tujuannya tak penting.

    Baca juga: Demi Satu Data Vaksin, Pemerintah Pakai 3 Aplikasi Ini

    Setidaknya ada 21 mal yang sudah memberlakukan aturan vaksin bagi para pengunjungnya, di antaranya Plaza Semanggi, Kota Kasablanka, Lotte Shopping Avenue, Baywalk Mall, Emporium Pluit, Blok M Plaza, Thamrin City, Gandaria City, ITC Fatmawati, Permata Hijau, Cempaka Mas, Mal Artha Gading, Mal Bassura, Pluit Village, Cibubur Junction, Senayan Park, Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Lippo Mal Puri, Lippo Mal Kemang, dan Pusat Grosir Cililitan.

    }); setTimeout(function(){ $(".modal2").addClass('hilang'); }, 30000);