Auto

Mau Beli Honda BR-V Terbaru? Cek 5 Ubahan yang Bikin Lebih Canggih

  • 30 November 2021
  • Bagikan :
    Mau Beli Honda BR-V Terbaru? Cek 5 Ubahan yang Bikin Lebih Canggih All New Honda BR-V (Foto: Yudi Agustia / Uzone.id)

    Uzone.id - All New Honda BR-V atau BR-V generasi kedua telah diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada 21 September 2021.

    Kemudian Honda BR-V terbaru ini ikut meramaikan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di ICE, BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten.

    Honda BR-V generasi 2 hadir dengan lima pilihan warna, yakni Taffeta White, Lunar Silver Metallic, Modern Steel Metallic, Crystal Black Pearl, dan Premium Opal White Pearl, yang merupakan warna baru.

    Bagi kamu yang tertarik memiliki Honda BR-V, sebaiknya intip dulu lima ubahan yang diberikan pada SUV ini.

    BACA JUGA: Hyundai Creta Produk Terlaris, Palisade Posisi Kedua di GIIAS 2021

    1. Mesin Lebih Bertenaga, Lebih Hemat Bahan Bakar

    Honda BR-V generasi 2 menggunakan mesin 1.5L i-VTEC berbahan bakar bensin (in-line 4-silinder DOHC/in-port Injection) dengan tenaga maksimal 121 PS @6.600 rpm dan torsi maksimal 145 Nm @4.300 rpm.

    Mesin ini punya efisiensi bahan bakar yang tinggi. Meningkat 3 persen dari BR-V generasi pertama.

    Mesin BR-V terbaru juga mencapai standar tinggi regulasi Euro 4. Mesin ini menghasilkan efisiensi bahan bakar dan pengalaman berkendara tingkat tinggi dalam kombinasi dengan CVT atau MT 6-speed.

    Honda mengunggulkan mesin ini dengan kemampuan torsi dan efisiensi bahan bakar pada putaran mesin rendah dan menengah.

    Meski tenaga dan torsi maksimum hampir sama dengan kemampuan mesin BR-V sebelumnya, namun intelligent valve control dari fitur VTEC dan VTC dapat meningkatkan kemampuan torsi secara signifikan dari start hingga ke atas 4.000 rpm.

    Mesin baru ini memanfaatkan teknologi kontrol katup akurasi tinggi DOHC + VTEC + VTC yang meningkatkan efisiensi pembakaran, mengurangi gesekan dan mengurangi emisi (zat berbahaya dalam gas buang).

    2. Transmisi Lebih Responsif dan Efisien

    All-New BR-V menggunakan Continuously Variable Transmission (CVT) baru yang dikembangkan dan dioptimalkan dan bisa menghemat bahan bakar dari teknologi pengurangan gesekan terkini yang diklaim mencapai 4 persen lebih efisien.

    Dengan CVT baru ini, pengemudi dapat merasa lebih bertenaga dalam performa akselerasi dan lebih percaya diri dalam deselerasi (rem) dengan pengembangan kontrol G-Design.

    Gesekan dikurangi dengan mengubah bantalan yang mendukung poros sekunder dari bantalan lancip ke bantalan rol bola.

    All New BR-V menawarkan juga akselerasi yang lebih mulus dan performa berkendara lebih baik dengan memperbarui transmisi manual 6-speed.

    kemampuan transmisi manual untuk kendaraan bermesin bensin ditingkatkan dengan mengikuti struktur dasar, yang mampu mancapai dimensi berkendara dan efisiensi bahan bakar lebih tinggi.

    Tenaga pendorong ditingkatkan hingga 8 persen untuk akselerasi lebih baik sementara rasio gigi dioptimalkan untuk perpindahan gigi yang lebih halus dan kenyamanan berkendara.

    Dengan mengadopsi mesin 1.5L i-VTEC, torsi kecepatan rendah hingga sedang diklaim meningkat jika dibandingkan dengan mesin saat ini, yang memungkinkan kendaraan mempertahankan putaran mesin rendah saat menjelajah dalam kecepatan tinggi, dan berkontribusi pada tingkat keheningan serta konsumsi bahan bakar.

    3. Suspensi Baru Lebih Stabil

    All-New BR-V memiliki platform yang benar-benar baru yang menghasilkan pengurangan bobot yang lebih baik, kekauan yang lebih tinggi, dan peningkatan kinerja keselamatan tabrakan.

    Dengan struktur baru, jarak sumbu roda diperpanjang hingga 40 mm, dibandingkan dengan model saat ini.

    Rasio aplikasi baja tarik tinggi, yang ringan dan kuat, telah ditingkatkan 24 persen untuk meningkatkan daya tahan bodi dan pengurangan berat.

    Suspensi depan All-new BR-V menggunakan MacPherson Strut disetel ulang dengan kekakuan lebih tinggi.

    Sedangkan suspensi belakang menerapkan high-torsional rigidity dan light weigh torsion beam, serta penyesuaian geometri pada suspensi belakang untuk performa redaman dan kenyamanan yang lebih baik.

    4. Kabin Lebih Kedap, Lebih Minim Getaran

    Untuk pengalaman berkendara lebih nyaman, All-new BR-V dilengkapi dengan beberapa fitur telah diperbaiki dan ditingkatkan, seperti penerapan bantal peredaman getaran tambahan di kursi dan penyesuaian geometri suspensi belakang dan karakteristik redaman untuk performa dan kenyaman.

    Untuk meningkatkan performa NVH, BR-V generasi 2 meningkatkan kemampuan untuk meredam kebisingan mesin, kebisingan jalan, dan kinerja paket kedap suara untuk mendapat suasana kabin lebih tenang dengan getaran yang lebih rendah dan pengalaman berkendara lebih nyaman.

    Beberapa perbaikan pada kebisingan mesin:

    • Penutup kepala mesin disempurnakan untuk radiasi suara mesin
    • Kemampuan penutup uretan ditingkatkan untuk mengurangi radiasi suara mesin
    • Side mounted dengan modul dinamis untuk mengurangi getaran
    • Trans mounting ditingkatkan untuk mengurangi getaran
    • Dudukan batang torsi disempurnakan untuk mengurangi getaran
    • Paket kedap suara dioptimalkan di beberapa bagian dan area, termasuk sistem insulasi suara, spatbor belakang, penutup bawah, dan kap mesin.

    Honda BR-V terbaru mengaplikasikan spray foaming di area panel bodi untuk meningkatkan keheningan serta mencegah masuknya debu dan bau tidak sedap dari luar, yang meningkatkan kedap udara kabin lebih dari 60 persen dibandingkan model sebelumnya.

    5. Fitur Keselamatan

    Honda BR-V terbaru telah dilengkapi dengan teknologi keselamatan Honda Sensing dan juga merupakan yang pertama untuk seluruh model di kelasnya.

    Honda Sensing adalah serangkaian teknologi keselamatan yang memberikan perlindungan menyeluruh bagi pengemudi dan penumpang dengan memberi peringatan untuk secara otomatis mengambil tindakan untuk mengurangi kecelakaan.

    Sistem Honda Sensing menggunakan front wide view camera yang dapat mendeteksi titik fitur target dan mengenali atribut objek serta kendaraan atau pejalan kaki.

    Berikut harga untuk setiap varian Honda BR-V terbaru:

    All New Honda BR-V S MT - Rp275.900.000
    All New Honda BR-V E MT - Rp289.900.000
    All New Honda BR-V E CVT - Rp299.900.000
    All New Honda BR-V Prestige CVT - Rp321.900.000
    All New Honda BR-V Prestige CVT - with Honda SENSINGTM Rp339.900.000
    Harga Honda BR-V terbaru yang diumumkan merupakan harga on the road wilayah Jakarta dan sudah termasuk pajak emisi yang berlaku di bulan Januari 2022.

    Harga tersebut adalah harga yang berlaku hingga tanggal 31 Desember 2021 untuk mobil dengan nomor rangka tahun 2022.

    Sesuai dengan rencana, pengiriman perdana Honda BR-V kepada konsumen akan dilakukan pada bulan Januari 2022.

    Tags : honda br-v honda 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini