Gadget

MediaTek dan TSMC Punya Chip untuk TV Digital, Pentonic 2000

  • 24 November 2021
  • Bagikan :
    MediaTek dan TSMC Punya Chip untuk TV Digital, Pentonic 2000 Foto: Dok. MediaTek

    Uzone.id - Tidak hanya smartphone yang membutuhkan chip prosesor, ternyata TV digital juga. Di tengah maraknya TV digital di pasaran, MediaTek dan TSMC pun bekerja sama membuat system-on-chip (SoC) 7 nanometer TV digital 8K pertama di dunia, yaitu MediaTek Pentonic 2000.

    Dikatakan pihak MediaTek, chip ini dibuat dengan teknologi proses canggih 7 nanometer dari TSMC. Pentonic 2000 diklaim menawarkan performa dan efisiensi daya yang tak tertandingi dengan fitur-fitur termasuk mesin AI (Artificial Intelligence) yang kuat, MEMC, VVC decoding, dan teknologi picture in picture (PiP).

    Baca juga: 7 Kemampuan Kelas Atas yang ada di Dimensity 1200

    Chipset ini menggabungkan teknologi tampilan berkinerja tinggi yaitu MediaTek APU (prosesor AI) built-in untuk mendukung teknologi 8K AI-Super Resolution dan teknologi Intelligent View dari MediaTek, yang mendukung multiple picture-in-picture (PiP) atau picture-by -picture (PbP). Di dalam chip terdapat CPU dan GPU tercepat di industri TV, Pentonic 2000 yang ditenagai oleh memory bus yang sangat lebar dan penyimpanan UFS 3.1 yang sangat cepat serta dukungan untuk konektivitas nirkabel tercepat untuk MediaTek Wi-Fi 6E atau bahkan modem seluler 5G.

    Dibandingkan dengan generasi teknologi proses 16 nm dari TSMC yang digunakan dalam aplikasi elektronik konsumen, teknologi proses N7 hadirkan peningkatan kecepatan 30%, mengemat daya 55 persen, serta mengantarkan logic density lebih besar. Proses N7 TSMC memungkinkan AI canggih di perangkat elektronik konsumen untuk tugas-tugas seperti memungkinkan teknologi AI canggih di perangkat elektronik konsumen meningkatkan resolusi HD (High Definition) atau media 4K ke resolusi 8K dengan baik, atau dengan cepat memahami perintah suara pengguna.

    Baca juga: Xiaomi Resmi Daftarkan Bisnis Mobil Listriknya

    “Pentonic 2000 menempatkan MediaTek sebagai perusahaan terdepan dalam desain smart TV dengan kemampuannya untuk menawarkan gambar yang kaya dan tajam kepada konsumen, tampilan yang cerah dan audio yang tajam, serta pengalaman pengguna yang cerdas dan intuitif," kata Mike Chang, Corporate VP and GM Smart Home Business Group MediaTek dalam keterangannya, Rabu, 24 November 2021.

    MediaTek Pentonic 2000 akan memberi tenaga pada TV 8K flagship generasi berikutnya yang diperkirakan akan diluncurkan di pasar global pada kwartal ke dua tahun 2022.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini