Auto

Melirik Potensi Sepeda Motor Listrik Karya Anak Bangsa

  • 30 November -0001
  • Bagikan :
    Melirik Potensi Sepeda Motor Listrik Karya Anak Bangsa

    Pasar kendaraan roda dua di tanah air, tidak lama lagi akan dimeriahkan dengan kehadiran sepeda motor listrik merek Gesits.

    Sepeda motor ini sepenuhnya hasil pengembangan anak bangsa dan dibuat dengan komponen sebagian besar dari dalam negeri. 

    Menurut CEO PT Gesits Technologies Indo Harun Sjech, pembuatan sepeda motor tersebut melibatkan kalangan perguruan tinggi seperti Institut Teknologi Surabaya (ITS), Institut Tehnologi Bandung (ITB), Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Kementerian BUMN, PT Pindad, PT Lembaga Elektronika Nasional (LEN) dan sejumlah instansi pemerintah lainnya. 

    Proses pengembangan produk tersebut telah selesai menjalani uji coba yang dilakukan ITS beberapa waktu dan kini sedang dalam tahapan prototipe produk. Tidak lama lagi produk tersebut akan diproduksi secara massal, namun sementara hanya untuk memenuhi kebutuhan sejumlah instansi yang terlibat dalam pengembangan produk Gesits tersebut. "Produk pertama hanya kalangan terbatas, tahun depan baru bisa produk massal," kata Harun, Kamis (31/5). 

    Tahun ini melalui pabriknya yang berlokasi di Cilengsi Jawa Barat, pihaknya baru bisa mematok target produksi antara 2000 hingga 4000 unit. Diharapkan tahun berikutnya produksi bisa mencapai 50 ribu unit. 

    Menurutnya, sebagian besar komponen yang dibuat berasal dari bahan baku yang ada di tanah air. Pihaknya hanya mengimpor sistem suspensi dan baterei dari Italia dan Korea. 

    Produk perdana Gesits tersebut berupa model suktik yang akan dibekali tenaga baterei litsrik berkekuatan 5 kilowatt. Setara dengan sepeda motor bermesin 125 cc.

    Pihaknya mengharapkan produk perdana putra bangsa ini akan mendapat sambutan positif pasar karena produk ramah lingkungan, harga terjangkau dan murah perawatan. "Kalau motor lebih mudah pengembangannya, beda dengan mobil yang butuh biaya investasi besar dan waktu lama," kata Harun. 

    Kendaraan yang ditawarkan seharga Rp 20 jutaan ini kelak dapat dibeli secara online dan dapat dicicil melalui sistem pembiayaan syariah. Untuk itu pihaknya juga sudah menggandeng sejumlah lembaga pembiayaan dan perbankan syariah untuk mendukung penjualan tersebut.   

     

     
     
    Tags : Gesits Motor listrik 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini