home ×
Digilife

Memanfaatkan Data dan AI untuk Tingkatkan Standar Pelayanan di Indonesia

14 September 2021 By
Memanfaatkan Data dan AI untuk Tingkatkan Standar Pelayanan di Indonesia
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Perilaku konsumen yang terus berubah memberikan tantangan tersendiri bagi perusahaan untuk bisa berinovasi memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Tantangan tersebut dipercaya bisa diatasi dengan memanfaatkan teknologi, khususnya data dan Artificial Intelligence (AI).

Hal ini terungkap dalam START CX First Summit 2021 yang diadakan Tokopedia baru-baru ini. Berdasarkan pengalaman e-commerce yang memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan itu, tim Customer Excellence-nya telah bertransformasi dan meningkatkan kualitas dari tahun ke tahun, terlebih di masa pandemi.

Pihak Tokopedia mengatakan jika START CX First Summit ini diharapkan bisa membantu perusahaan lain untuk mendapatkan insight berdasarkan pengalaman Tokopedia dalam meningkatkan pelayanan pelanggan dengan teknologi dan inovasi yang ada. Pasalnya, tim customer excellence merupakan garda terdepan dalam pelayanan pelanggan.

Baca juga: Tips Berburu Cuan dengan Investasi untuk Millennial

“Kami berharap acara ini dapat membagikan pengalaman seputar bagaimana perkembangan teknologi terkini serta pemanfaatan data dan Artificial Intelligence (AI) dapat memberikan pengalaman yang terbaik untuk para pelanggan, serta sebagai sebuah upaya untuk meningkatkan standar dan kualitas pelayanan di Indonesia,” ujar SVP of Customer Excellence Tokopedia, Rudy Azhary Dalimunthe.

START CX FIrst Summit yang bertema ‘Reimagining The Right Blend of Human Touch, Technology, and Data for The Best Customer Experience’, kata Rudy, juga digelar sebagai apresiasi untuk para pelanggan di Hari Pelanggan Nasional, bersama praktisi CX dari berbagai industri lainnya. Ini diharapkan dapat memberikan inspirasi untuk pegiat CX lain dan meningkatkan kepuasan pelanggan saat bertransaksi.

Baca juga: START CX First Summit Digelar

Digelar untuk pertama kalinya, acara ini dihadiri lebih dari 10 ribu peserta melalui situs Tokopedia Academy dan mengundang lebih dari 40 praktisi di bidang Customer Experience dari berbagai industri seperti perbankan, telekomunikasi, pemerintahan, hingga logistik pada sesi panel diskusi.

Ada juga pembahasan mengenai pemanfaatan Social Listening untuk meningkatkan Customer Engagement, serta bagaimana penerapan Customer Experience berbasis analisa bisa menjadi sebuah cara untuk mendorong inovasi dan loyalitas pelanggan. 

Acara START CX First Summit 2021 mendapat dukungan dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), ServiceNow, IGT Solutions, Mitracomm Ekasarana dan Genesys.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id