Gadget

Menanti iPad Pakai Layar OLED

  • 13 October 2021
  • Bagikan :

    Foto ilustrasi: Francois Hoang/Unsplash

    Uzone.id -- Beberapa waktu belakangan ini memang santer terdengar bahwa Apple sedang menyiapkan layar OLED untuk lini produk iPad-nya. Kira-kira kapan hal ini terwujud?

    Rencana Apple menyematkan panel OLED ke lini produk iPad ini bermula ketika Apple dipercaya akan memperluas mini-LED ke iPad Pro 11 inci dan pembaruan iPad Air yang kabarnya akan hadir pada 2022.

    Nah, dari situ kemudian para pemerhati teknologi dan sumber terdekat anonim memberikan bocoran kalau Apple sangat mungkin meluncurkan lini iPad dengan layar OLED pada 2023 hingga 2024. Kabarnya, iPad perdana yang mengusung layar OLED ini adalah iPad Pro dengan layar 12,9 inci.

    Baca juga: Berkat iPad, Apple Jadi Juara Pasar Tablet

    Kita tahu Apple sudah mulai menggunakan layar OLED LTPO di lini iPhone 13 Pro yang kemudian diharapkan menyajikan daya tahan baterai yang jauh lebih kuat dan tahan lama. Teknologi ini tentunya menyajikan pengalaman yang lebih mulus dan transisi lebih cepat, serta menghemat baterai.

    Sebagai contoh, pengguna menonton streaming di HBO Max menggunakan iPhone 13 misalnya, di sana kebanyakan film direkam dengan kecepatan 24 fps. Nah iPhone 13 secara otomatis akan menyesuaikan frame rate tersebut dengan refresh rate layar 24 kali per detik, yakni 24Hz.

    Baca juga: Begini Cara Unduh iOS 15 dan iPadOS 15

    Jika hal serupa terjadi di perangkat dengan layar non-LTPO, biasanya pengguna akan terjebak di rate 60Hz, 90Hz, atau 120Hz secara terus menerus.

    Hal ini yang menjadi alasan mengapa banyak konsumen, khususnya di Amerika Serikat menantikan iPad dengan layar OLED LTPO dari Apple. Apalagi mengingat perangkat iPad kerap dipakai untuk menggantikan peran laptop bagi konsumen mobile.

    Yang jelas, konsumen tetap harus bersabar.

    VIDEO: Review Xiaomi Pad 5