icon-category Digilife

Mendarat di Bumi, Pesawat Antariksa China Bawa Batu Bulan

  • 18 Dec 2020 WIB
  • Bagikan :

    Wahana Chang'e 5 (YouTube)


    Uzone.id - Setelah berminggu-minggu melakukan perjalanan luar angkasa, wahana Chang'e 5 telah kembali ke Bumi dengan sampel batuan bulan dan tanah segar pada Kamis (17/12/2020).

    Kargo berharga tersebut adalah sampel bulan pertama yang diperoleh manusia dalam lebih dari empat dekade.

    Kapsul yang kembali ke Bumi mendarat di Siziwang Banner di kawasan Otonomi Mongolia Dalam, Tiongkok utara.

    BACA JUGA: Tips Balas Pesan WhatsApp Tanpa Online

    Zhang Kejian, kepala Badan Antariksa Nasional China (CNSA), menyatakan misi Chang'e 5 berhasil.

    Hal itu menandai program eksplorasi bulan tiga langkah China untuk mengorbit, mendarat, dan membawa kembali sampel. Program tersebut dimulai pada 2004.

    Kapsul memasuki atmosfer bumi pada ketinggian sekitar 120 km dan kecepatan sekitar 11,2 km per detik pada pukul 01.33 pagi waktu Beijing.

    Di ketinggian sekitar 10 km di atas tanah, sebuah parasut terbuka dan kembali mendarat dengan mulus di area yang telah ditentukan.

    Tim udara dengan helikopter melihat kapsul tersebut pakai kamera inframerah, sementara tim darat mengikutinya dengan kendaraan SUV untuk mencapai lokasi pendaratan yang tertutup salju.

    Bagaimana batu bulan akan ditangani?

    Batu bulan akan diangkut ke Beijing lewat udara dan dibuka di sana.

    Di Beijing, CNSA akan mentransfer bahan bulan ke Laboratorium Sampel Bulan di National Astronomical Observatory (NAO) di bawah Akademi Ilmu Pengetahuan China, yang telah dibangun khusus untuk penyimpanan, pemrosesan, dan analisisnya.

    Lab tersebut punya fasilitas khusus yang akan mencegah sampel terkontaminasi oleh atmosfer dan air di Bumi.

    Ilmuwan di lab pertama-tama akan membongkar, memilah, dan menyimpan bahan. Kemudian akan memulai studi jangka panjang dengan mengikuti prosedur ilmiah yang ketat, termasuk menganalisis komposisi mineralogi dan kimianya.

    China akan menyediakan beberapa sampel bagi para ilmuwan di negara lain, kata Pei Zhaoyu, wakil direktur Pusat Program Eksplorasi dan Luar Angkasa Bulan CNSA.

    Beberapa sampel juga akan disisihkan untuk tampilan publik, kata Li Chunlai, wakil kepala perancang misi Chang'e 5, seperti dilansir Uzone.id dari CGTN.

     

    VIDEO Seharian Ditemenin Google Nest Mini 2 - Review

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini