Lifestyle

Mengapa Udara Dingin Bikin Sering Buang Air Kecil?

  • 20 November 2016
  • Bagikan :
    Mengapa Udara Dingin Bikin Sering Buang Air Kecil?





    Saat Anda merasa kedinginan, biasanya Anda pun jadi sering sekali bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil. Hal ini kadang bisa terasa sangat mengganggu, terutama jika Anda sedang sibuk bekerja, mengerjakan ujian, berada di alam terbuka, atau berkendara. Namun, Anda seolah tak bisa mengendalikannya meskipun sudah berusaha menghangatkan diri atau minum lebih sedikit. Lalu, apa yang sebenarnya menyebabkan udara dingin bikin sering buang air kecil? Simak penjelasannya di bawah ini dan jangan lewatkan juga berbagai cara mudah untuk mencegah kedinginan.

    Apa yang terjadi saat tubuh kedinginan?


    Udara dingin tak hanya membuat Anda jadi lebih sering ke kamar mandi. Tubuh Anda juga akan menunjukkan tanda-tanda lainnya. Berikut adalah hal-hal yang mungkin terjadi saat tubuh kedinginan.

    Tekanan darah meningkat


    Salah satu cara untuk melindungi tubuh dari udara dingin adalah membatasi aliran darah. Darah sendiri bisa menjadi sumber panas tubuh. Jika tadinya kulit mendapat cukup banyak aliran darah, ketika kedinginan tubuh Anda akan mengurangi aliran menuju kulit dan mengalihkannya ke organ-organ lain yang lebih penting seperti jantung atau paru-paru. Karena darah dalam tubuh masih berada dalam jumlah yang sama tetapi alirannya terhambat, tekanan darahAnda pun akan meningkat.

    Menggigil


    Jika Anda memiliki masalah seperti kurang darah atau darah menggumpal, darah yang dialirkan menuju organ-organ vital Anda tak akan cukup untuk menghangatkan tubuh Anda. Akibatnya, tubuh pun akan mulai gemetaran hingga menggigil. Hal ini terjadi agar getaran yang diciptakan bisa menghasilkan panas yang diperlukan oleh tubuh Anda.

    Sulit bernapas


    Ketika Anda menghirup udara lewat hidung pada kondisi normal, hidung akan menghangatkan dan melembapkan udara sebelum masuk ke paru-paru. Jika udara yang Anda hirup masih terlalu dingin ketika masuk ke saluran pernapasan, paru-paru Anda bisa mengejang atau mengalami kedutan. Selain itu, lama-lama paru-paru Anda juga akan mengerut karena kedinginan. Inilah yang menyebabkan Anda jadi sulit bernapas.

    Tubuh lemas


    Saat udara terasa dingin, hasrat untuk bermalas-malasan pun pasti muncul. Hal ini terjadi karena karbohidrat yang seharusnya dibakar sebagai sumber energi akan terpakai untuk menghangatkan suhu tubuh. Sistem saraf Anda pun akan kehilangan tenaga sehingga otot-otot Anda tak mendapat banyak perintah dari saraf untuk bergerak atau melakukan sesuatu.

    Mengapa udara dingin bikin sering buang air kecil?


    Fenomena beser atau sering buang air kecil ketika suhu udara sangat rendah juga disebut sebagai cold diuresis. Hal ini bisa terjadi pada siapa pun, terlepas dari usia, jenis kelamin, tipe tubuh, dan pola makan Anda. Berikut adalah penjelasan mengapa udara dingin bikin sering buang air kecil.

    Tekanan darah tinggi


    Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tekanan darah akan meningkat saat Anda kedinginan. Karena tekanan darah meningkat, tubuh pun mengirimkan sinyal bagi ginjal untuk membuang kelebihan cairan dalam tubuh. Akibatnya, volume air seni akan meningkat dan ginjal bekerja lebih keras untuk mengeluarkan air seni dari tubuh.

    Kadar air tidak seimbang


    Ketika suhu tubuh Anda menurun, fungsi protein tertentu dalam tubuh yang dikenal sebagai aquaporin akan terganggu. Aquaporin bertanggung jawab sebagai saluran keluar dan masuknya air ke dalam sel tubuh. Saat kedinginan, aquaporin menahan masuknya air ke dalam sel. Hal ini dibaca oleh tubuh sebagai pertanda bahwa ada terlalu banyak air pada aliran darah. Karena kadar air pada sel tubuh dan aliran darah tidak seimbang, ginjal jadi lebih sering membuang kelebihan cairan lewat air seni.

    Tidak berkeringat


    Penyebab lain mengapa udara dingin bikin sering buang air kecil adalah berhentinya pada sistem perspirasi tubuh. Perspirasi adalah proses menguap atau keluarnya air dari kelenjar keringat. Ketika kedinginan, tubuh tak akan berkeringat seperti saat Anda kepanasan. Akibatnya, tak ada cara lain bagi air untuk dibuang dari tubuh selain melalui urin.

    Yang bisa dilakukan untuk menjaga suhu tubuh


    Agar Anda tak perlu bolak-balik ke kamar mandi saat kedinginan, ada beberapa trik yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah menggerakkan otot-otot tubuh seperti lengan atau kaki. Gerakan yang Anda buat akan menghasilkan panas lebih besar daripada saat Anda gemetar atau menggigil. Dengan suhu yang lebih hangat, tubuh pun diharapkan bisa berfungsi seperti biasanya lagi.

    Cara lainnya adalah mengonsumsi makanan pedas yang berkalori tinggi. Selain makanan dan minuman yang panas, mengonsumsi makanan pedas dengan kandungan kalori yang tinggi akan membantu menjaga suhu tubuh agar tetap hangat. Anda bisa menambahkan saus sambal atau cabe pada makanan Anda yang terdiri dari makanan yang berlemak.

    BACA JUGA:

    Tags : gaya hidup kesehatan 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini