home ×
Startup

Mengenal Agree, Startup yang Memperhatikan Pertanian Indonesia

15 May 2020 By
Mengenal Agree, Startup yang Memperhatikan Pertanian Indonesia
Share
Share
Share

Uzone.id - Indonesia dikenal sebagai negara agraris dengan sebagian besar penduduk memiliki mata pencaharian sebagai petani atau bercocok tanam. Tak heran, startup yang bergerak di bidang pertanian pun mulai bermunculan belakang ini. Salah satunya, yaitu Agreeculture.id atau Agree.

Ya! Agree adalah platform kolaborasi antara pelaku, pembeli, pemodal, dan entitas pendukung ekosistem pertanian.

“Agree hadir untuk menghubungkan antara petani, perusahaan, pemodal, sama pembeli, dan mungkin nanti kita akan tambahkan knowledge center, ada precision farming, jadi kita coba nanti pakai IoT, mungkin nanti juga ada produk yang disertifikasi karena biar kualitasnya bagus,” ujar Hikmatullah Insan Purnama, Head of Agree dalam webinar bertema Empon-empon Tangkis Corona pada Jumat (15/5).

Baca juga: Bagaimana Strategi TaniHub Menghadapi Ketidakpastian Pandemi Covid-19?

Agree berdiri pada Februari 2019. Alasan yang mendasari lahirnya Agree, yaitu Telkom Indonesia sebagai digital telco company melihat banyak permasalahan dan potensi di sektor pertanian Indonesia.

(Foto: Dok. Agree)

Banyak dari permasalahan pertanian disebabkan oleh keterbatasan akses informasi. Informasi pasar, cara budi daya, dan informasi akses permodalan yang dimiliki petani sangat terbatas.

Begitu pula perusahaan pembeli hasil pertanian terkadang memiliki keterbatasan informasi untuk bahan baku berkualitas. Jika informasi pertanian tersebut disajikan secara komprehensif, akan terbentuk ekosistem pertanian yang lebih baik.

Baca juga: Tak Semua Rugi, Startup Ini Justru Bernasib Baik saat Pandemi Covid-19

Agree sudah meluncurkan aplikasi yang dapat diunduh melalui playstore dengan nama Agreeculture. Aplikasi ini telah mengalami banyak improvement, seperti Agree Suite yang mencakup beberapa service yang dibutuhkan oleh stakeholder.

Ada pula Agree Partner untuk monitoring, bantuan permodalan melalui Agree Modal, dan Agree Market. Untuk Agree Market, Agree masih mengembangkan payment sistem untuk memastikan kenyamanan berbelanja antara produsen dan konsumen, yang direncanakan akan rampung dalam waktu dekat.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Darmin Penjaga SDN KUNCI O3 22 May 2020 | 09:58:15

aplikasi yang sangat membantu sekali

Miskin aman 18 May 2020 | 14:06:35

jadi penasaran sekali dengan aplikasinya itu

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id