home ×
Gadget

Mengenal Battery Guard di ColorOS 11, Fitur yang Atasi Kebiasaan Charging Ponsel Semalaman

16 September 2020 By
Mengenal Battery Guard di ColorOS 11, Fitur yang Atasi Kebiasaan <i>Charging</i> Ponsel Semalaman
Share
Share
Share
Share

 (Ilustrasi ColorOS 11/foto: dok. 9to5google)

Uzone.id -- Dari beberapa fitur anyar yang diperkenalkan di ColorOS 11, Oppo menghadirkan Battery Guard. Sesuai namanya, fitur ini dapat menjaga kesehatan baterai ponsel dari kebiasaan buruk pengguna yang sering mengisi ulang daya semalam suntuk.

Dari penjelasan PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, fitur Battery Guard sengaja dihadirkan sebagai solusi dari apa yang sering terjadi di tengah konsumen Indonesia, yakni kebiasaan buruk saat mengisi ulang daya baterai, serta voltase listrik yang rendah ataupun tidak stabil.

“Fitur Battery Guard ini harusnya bisa berguna bagi konsumen Indonesia, karena bisa mencegah overcharging pada baterai yang bisa bikin cepat rusak. Battery Guard mengandalkan kebiasaan tidur dari para penggunanya,” ungkap Aryo saat berbincang dengan sejumlah awak media di forum virtual, Selasa (15/9).

Baca juga: ColorOS 11 Dirilis, Indonesia Dapat Kesempatan Pertama

Aryo menjelaskan, Battery Guard turut dibekali oleh kemampuan AI (Artificial Intelligence/kecerdasan buatan) yang akan bekerja untuk melihat kebiasaan pengguna seperti apa, khususnya soal waktu tidur.

“AI ini akan membaca kebiasaan pengguna melalui waktu tidur. Contoh, selama dua atau tiga kali ada kebiasaan tertentu dari pengguna, misalnya pukul 20.00 sudah tidak memainkan ponsel sama sekali, maka kebiasaan ini sudah ditandai bahwa itu adalah jam tidur si pengguna,” jelas Aryo.

Dia melanjutkan, “di jam 20.00 itu misalnya pengguna melakukan charger dan ditinggal semalaman tanpa dimainkan lagi, lalu pola ini misalnya sudah tiga kali terjadi, maka ini yang dibaca si AI.”

Baca juga: Daftar 28 Ponsel Oppo yang Kebagian ColorOS 11

Fitur Battery Guard akan mengisi ulang daya sampai 80 persen dan akan berhenti di titik 80 persen tersebut sampai selama 8 jam, waktu tidur orang normal. Setelah 8 jam berlalu dan pengguna melakukan unlock (buka kunci ponsel), Battery Guard akan melanjutkan sisa 20 persen daya baterai sampai 100 persen.

“Fitur ini tentunya dapat mencegah kerusakan baterai yang disebabkan oleh waktu charging yang tak kenal waktu. Tidak ada lagi cerita kita bangun tidur tiba-tiba baterai sudah 100 persen tanpa tahu itu bisa full pada pukul berapa,” tutup Aryo.

Oppo merilis ColorOS 11 secara global pada Senin (14/9). Indonesia menjadi salah satu negara pertama yang bisa langsung mencicipi sistem operasi berbasis Android 11 ini. Perangkat pertama yang mendapat ColorOS 11 adalah seri flagship Find X2 dan X2 Pro.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article