icon-category Startup

Mengenal Gojek SHIELD, yang Namanya Mirip Agen Marvel

  • 29 Feb 2020 WIB
  • Bagikan :

    Gojek (Foto: Tomi Tresnady/Uzone.id)

    Uzone.id - Raksasa aplikasi Gojek punya teknologi proteksi keamanan yang diberinama Gojek SHIELD.

    Keren juga namanya ya gaes, mengingatkan kita pada agen Marvel kalau dijabarkan jadi Strategic Homeland Intervention, Enforcement and Logistics Division. Para agen itu suka muncul di film-film Marvel termasuk The Avengers hingga Thor.

    Kembali lagi ke Gojek. Gojek SHIELD ini dijalankan dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan, serta dioperasikan oleh tim keamanan digital kelas dunia yang terdiri dari data scientist, engineers, dan juga para pakar cyber security.

    Berikut penjelasan soal Gojek SHIELD:

    1. Teknologi Perlindungan

    Gojek SHIELD terdiri dari teknologi perlindungan yang menjaga seluruh pihak dalam ekosistem dari ancaman keamanan, termasuk di antaranya fitur penyamaran nomor telepon, intervensi chat, dan juga fitur tombol darurat yang terhubung dengan Unit Darurat Gojek yang siaga 24 jam dalam memberikan pertolongan.

    2. Mampu Mencegah dan Menindak

    Memanfaatkan machine learning, Gojek SHIELD mampu mencegah dan menindak setiap perilaku mencurigakan yang terjadi pada platform Gojek.

    Baru-baru ini, berkat deteksi dini yang dilakukan secara sistem, perusahaan bisa memberikan bukti kepada pihak kepolisian di Jakarta, Semarang dan Malang untuk mengungkap sindikat kriminal pelaku order fiktif yang bekerja menggunakan aplikasi Fake GPS dan aplikasi modifikasi.

    Di Singapura, perusahaan juga mendeteksi dan melakukan suspend kepada 120 mitra driver yang menggunakan aplikasi modifikasi.

    Baca juga: Cerita Aura Kasih Ditipu Rp11 Juta karena Dua Akun GoJek Diretas

    Kevin Aluwi, Co-CEO Gojek, mengatakan bahwa keamanan dan keselamatan adalah prioritas utama dan merupakan tanggung jawab bersama.

    "Kami telah dan akan terus berinvestasi pada pengembangan teknologi, serta berbagai program proteksi, baik bagi konsumen maupun mitra. Setara dengan dua fokus di atas, kami juga berinvestasi pada edukasi agar pelanggan dan mitra kami bisa mendapatkan manfaat paling optimal dari teknologi digital dan tidak dirugikan," tutur Kevin di acara #AmanBersamaGojek: Edukasi, Teknologi dan Proteksi di kantor Gojek di Pasaraya Blom M, Jakarta Selatan, Jumat (28/2/2020).

     

    VIDEO Fujifilm X-T4 First Impression, Mirrorless Buat Vlogger?

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini