Auto

Mengenal MG Motor, Perusahaan Mobil China Kemungkinan Jualan di Indonesia

  • 17 December 2019
  • Bagikan :
    Mengenal MG Motor, Perusahaan Mobil China Kemungkinan Jualan di Indonesia

    MG 3 produksi MG Motor (Foto: Parkers)

    Uzone.id - Nanjing Automobile Group, raksasa otomotif asal Negeri Tirai Bambu, membeli hak atas merek MG (pada 22 Juli 2005.

    Pembelian itu termasuk aset MG Roger Group (kecuali lini produksi untuk model ZS) dengan nilai 53 juta poundsterling atau hampir Rp 1 triliun.

    Pembelian merek itu melahirkan perusahaan baru bernama NAC MG UK. Kemudian berganti nama jadi MG Motor, setelah penggabungan Nanjing Automobile dengan Shanghai Automobile Industry Corporation (SAIC).

    Pada 2011, MG Motor luncurkan model baru, MG 6 in GT (hatchback) dan Magnette (saloon), yang merupakan generasi MG generasi pertama di Inggris sejak model MG TF.

    Baca juga: Harga Chevrolet Langka Ini Lebih Mahal dari Bugatti Chiron

    MG 6 resmi diluncurkan pada 26 Juni 2011 bersamaan dengan kuncungan Perdana Menteri China Wen Jiabao di pabrik Longbridge MG Motor.

    Pada Maret 2012, SAIC telah menginvestasikan dana 450 poundsterling di MG Motor. Penjualan di Inggris mencapai 782 unit pada 2012. MG 3 terbaru mulai dijual di Inggris pada September 2013.

    SAIC sendiri punya lini usaha yang bekerjasama dengan General Motors bernama SGMW (SAIC-Generals Motors-Wuling) yang melahirkan merek Wuling.

    MG Motor berada di posisi tiga sebagai kategori Pabrikan Terbaik dalam survei Auto Express 2014 Driver Power.

    Baca juga: Motor Chopperland Milik Jokowi Masuk Bengkel

    MG Motor merayakan ulang tahun ke-90 pada 2014 dan sekaligus merayakan pemecahan rekor perusahaan telah memimpin pertumbuhan industri mobil di Inggris. Penjualan merek MG naik 361% selama 2014 berkat diluncurkannya model MG 3.

    Generasi pertama yang dipasarkan dengan nama MG 3 SW mengambil basis Rover Streetwise di mana basisnya juga mengambil dari Rover 25.

    Sedangkan MG 3 merupakan generasi kedua yang diluncurkan 2011. MG 3 jadi mobil buatan perusahaan asal China paling laris dijual di Inggris saat ini.

     

    MG Motor merambah ke Indonesia

    SGMW (SAIC-General Motors-Wuling) merupakan gabungan dari tiga pabrikan mobil, SAIC, General Motors dan Wuling, sementara MG merupakan merek yang dimiliki oleh SAIC.

    Kabarnya nih, MG Motor akan jualan mobil juga di Indonesia. Tentu saja SAIC punya pengalaman jualan mobil di sini dengan model Wuling.

    Bocoran yang beredar dan bahkan udah beberapa kali tertangkap kamera di Indonesia, MG sedang melakukan uji jalan terhadap model SUV ZS.

    SUV 5 penumpang ini punya 3 pilihan mesin. Pertama mesin bensin 1.000 cc turbocharger 4 silinder, kedua mesin bensin 1.500 cc 4 silinder dengan semburan torsi 150 Nm, dan terakhir yang bertenaga listrik dengan kapasitas baterai 44,5 kWh dengan semburan tenaga hingga 142,7 PS dan torsi 353 NM.

    Untuk pasar Indonesia, kayaknya mesin yang 1.500cc turbo yang akan dipasangkan, mesin ini diduga punya kemiripan bahkan merupakan satu platform dengan mesin yang digunakan di Wuling Almaz maupun Cortez turbo.

    VIDEO Test Drive Wuling Cortez Turbo:

    Tags : MG 3 wuling saic inggris china 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini