icon-category Entertainment

Mengenal Riana, Pesulap Misterius Indonesia di Asia's Got Talent

  • 02 Nov 2017 WIB
  • Bagikan :

    Pesulap wanita yang menjuluki dirinya sebagai The Sacred Riana mendadak viral setelah aksi sulapnya di ajang bergengsi internasional Asia's Got Talent 2017 mendapatkan nilai sempurna. 

    Wanita bernama asli Marie Antoinette Riana Graharani ini mengguncang panggung Asia's Got Talent dengan permainan sulap yang tak biasa hingga sukses membuat tiga juri terperangah takjub. 

    kumparan (kumparan.com) menghubungi Bow, selaku manajer juga founder Trilogy Magic Factory yang menaungi para mentalis berbakat di Indonesia termasuk Riana, untuk mengenal lebih dalam seperti apa sebenarnya wanita di balik sosok misterius perempuan berambut panjang itu.

    Bow mengatakan karakter The Sacred Riana yang seperti itu terinspirasi dari sifat asli Riana yang pendiam, tertutup serta misterius. 

    "Kita menyesuaikan karakter asli Riana yang di dunia nyata dengan di atas panggung. Kan Riana aslinya orangnya emang pendiam, akhirnya kita bikin seperti itu," jelasnya kepada kumparan (kumparan.com) pada Kamis (11/2). 

    Bow menceritakan awal mula perjalanan Riana hingga bisa ikut serta dalam audisi Asia's Got Talent. Perkenalan Bow dengan pihak produser Asia's Got Talent jadi kesempatan emas untuk Riana. 

    "Nah kebetulan beberapa waktu ini kan Riana lagi break juga, audisi ini bisa jadi salah satu untuk cara untuk Riana kembali lagi. Dari situlah kita berpikir untuk membuat sesuatu yang berbeda dan lebih susah tingkatannya. Akhirnya kita coba untuk ikut (audisi). Kebetulan saya kenal dengan produsernya akhirnya dapat undangan untuk audisi awal," katanya. 

    Sebelumnya, Riana dikenal publik melalui ajang pencarian pesulap berbakat bernama The Next Mentalist di TRANS7 tahun 2014. Namun setelah tereliminasi, keberadaanya jarang diketahui, hingga akhirnya ia kembali menunjukan trik sulapnya yang tak biasa di Asia's Got Talent 2017. 

    Lantas apa kegiatan Riana selama tiga tahun vakum dari layar kaca?

    Bow menuturkan, ada beberapa hal yang menghambat penampilan Riana di televisi. Selain karena keterbatasan peralatan dari pihak penyelenggara, aliran sulap Riana yang tergolong supranatural juga jadi ketakutan tersendiri. 

    "Yang pertama sih karena keterbatasan pihak televisi, karena tingkat permainan sulap Riana tinggi sehingga tak jarang jadi penghambat. Kedua, banyak media yang takut menghadirkan Riana karena permainannya yang berbau mistis. Takutnya malah dicekal KPI (Komisi Penyiaran Indonesia)," tuturnya. 

    Bow menambahkan, meski jarang terlihat di layar kaca, Riana masih kerap tampil secara off air di berbagai acara. 

    Mengetahui euforia penonton di luar maupun dalam negeri yang begitu antusias dengan penampilan Riana, manajemen Riana tidak heran. Menurutnya, karakter seperti Riana belum pernah ada sebelumnya, sehingga hal ini jelas akan membuat publik penasaran. Terlebih, panggung Asia's Got Talent sangat spektakuler dan populer. Namun Bow tak menyangka bila Riana akan menjadi viral seperti ini.

    "Kita sebagai tim dari Riana, tim Trilogy berpikir 'Oke, ini audisi Asia's Got Talent, dan ini akan menjadi salah satu penampilan terbaiknya.' Sebelumnya saya nggak pernah melihat ada pesulap yang karakternya seperti Riana. Jadi sempat ada kepikiran akan booming sih. Namun akhirnya animo masyarakat berubah, jadi banyak yang ngefans sama Riana," kata dia.

    Meski mendapat penilaian sempurna, audisi tersebut baru langkah awal untuk tahap-tahap selanjutnya. Kini Riana dan tim sedang dihantui rasa penasaran dari hasil penilaian tiga juri Asia's Got Talent. 

    "Untuk lolos babak selanjutnya belum tahu, kemarin itu baru judges cut. Jadi judges cut itu jurinya memilih di antara peserta yang lolos. Misal ada 100 yang dapat 3 yes, nanti mereka pilih lagi mana yang terbaik. Nah, untuk keputusan lolos atau enggak, kita juga belum tahu dan masih nunggu," tutur Bow.

    Kini, Riana telah menjadi sosok yang dielu-elukkan banyak orang hingga dunia internasional, dan ikut mengharumkan nama bangsa. Hingga kini aksinya di Youtube telah disaksikan lebih dari 4 juta kali.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini