icon-category Auto

Mengenang Motor Honda yang Dirindukan Valentino Rossi

  • 06 Nov 2019 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Usia 40 tahun tentu gak muda lagi buat seorang atlet. Apalagi buat seorang Valentino Rossi yang punya sejarang panjang di ajang balap motoGP.

Masa kejayaan Rossi dimulai ketika dirinya mulai membalap dengan motor Honda, meskipun sepanjang karirnya, pebalap gaek ini udah beberapa kali berganti tim dan pabrikan, mulai dari Aprilia, Honda, Yamaha, sampai Ducati.

Dari seluruh periode yang telah dilaluinya, Honda merupakan tim yang pastinya membekas bagi Rossi, sampai-sampai jelang masa pensiunnya di tim Yamaha, Rossi mengaku masih mengenang dengan jelas kejayaannya dengan Honda.

Baca juga: Spesifikasi Motor yang Bikin Marc Marquez Juara Dunia

“Saya ingin sekali kembali ke tahun 2003. Masa di mana saya masih mengendarai motor Honda bermesin lima silinder,” ujarnya di satu wawancara khusus bersama seorang komentator sekaligus pengamat MotoGP, Matthew Birt.

Masih dengan nomor 46, namun dengan livery berwarna khas hitam-orange ala Repsol Honda, Rossi sempat berjaya saat menunggangi RC211V.

Honda RC211V adalah motor balap 4tak pertama buatan Honda yang dirancang khusus untuk ajang motoGP.

alt-img

HRC mengembangkan motor ini pada tahun 2001 untuk menggantikan Honda NSR500 2tak yang eranya sudah habis di motoGP. Dan pertama kali dipakai balap oleh Rossi pada musim 2002.

Ubahan yang disuguhkan pastinya sangat berbeda 360 derajat dari motor Honda NSR berkapasitas mesin 500cc dua tak.

Tidak tanggung-tanggung, karena regulasi yang cukup bebas saat itu, Honda merancang RC211V dengan mengandalkan mesin dengan jumlah silinder nyeleneh, yakni 5 silinder, berkapasitas 990cc.

Mesin 5 silindernya itu berkonfigurasi V dengan sudut 65,5 derajat OHC dengan 20 klep, dimana masing-masing silinder kejatahan 4 klep.

Dengan bobot hanya 148 kg, Honda RC211V sanggup menghasilkan daya sebesar 220 Hp dan torsinya 250 Nm. Kesadisan performa ini sampai ngebuat motor ini dijuluki rajanya motor 4tak.

alt-img

Sejak era ini jugalah, Rossi memborong juara dunia berturut-turut selama beberapa tahun.

Satu momen yang dia ingat adalah kala ia bisa memenangkan lomba meski harus terkena penalti 10 detik.

"Soal motor dan hal-hal mekanis, itu (motor Honda) adalah salah satu yang paling spesial. Itulah mengapa, saya selalu menganggapnya sebagai momen hebat yang sangat sulit dilupakan,” ujar Rossi.

"Dengan motor itu, saya mampu memenangi balapan setelah (melanggar regulasi) bendera kuning, dan terkena penalti 10 detik," tutupnya.

Tonton Video Ngobrolin Cara Gampang Milih Mobil Bekas Biar Gak Ketipu:

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini