Mengunjungi Jericho, Kota Tertua Dunia di Palestina

11 January 2018 by
Mengunjungi Jericho, Kota Tertua Dunia di Palestina

Dalam peradaban manusia, Jericho bisa dimasukan ke dalam kota tertua di dunia. Banyak peninggalan masa lampau yang masih bisa dilihat hingga saat ini.

Jericho di dekat dengan Lembah Jordan yang masuk wilayah Palestina, tidak terlalu jauh dengan perbatasan Jordania.
 
Untuk menuju ke sana kira-kira hanya 30 menit saja dengan bus kecil setelah melewati otoritas imigrasi Israel di Allenby Bridge.

Kota ini sudah sudah ada sejak 8.000 BC. Atau sekitar 10.000 tahun yang lalu. Tercatat sudah ada jejak peninggalan manusia sejak dari jaman perunggu.

Kota ini pernah dikuasai oleh berbagai bangsa, diantaranya adalah bangsa Persia, bangsa Romawi, bangsa Arab, bangsa Yahudi, Otoritas Kristen, Otoritas Islam dan Inggris pada masa kolonial.
 
Sejak tahun 1948 sampai sekarang Jericho dikuasai oleh otoritas Palestina.

Kota ini terletak 1.300 kaki atau sekitar 400 meter dibawah permukaan laut, aktivitas penduduk kota ini relatif sepi dibandingkan dengan Kota Amman, dan Jerusalem, dimana jarang sekali orang maupun kendaraan berlalu lalang di sana.

Jericho memiliki tanah yang subur, dan memiliki hasil bumi yang cukup melimpah, diantaranya Buah Kurma, Buah Tin, Pisang, Jeruk, Mangga serta sayuran yang berkualitas baik.



Di sepanjang perjalanan banyak terlihat pohon-pohon kurma sepanjang mata memandang.

Nah, kurma Jericho memiliki tekstur yang berbeda dengan kurma dari tempat lain, rasanya lebih legit, tidak terlalu manis, lebih empuk dan bentuknya lebih besar, harga kurma terbaik disini sekitar USD 10  atau sekitar Rp 130 ribu untuk berat 2 kilogram.

Saat ini Jericho dijadikan salah satu destinasi wisata oleh otoritas palestina, bekerja sama dengan para travel agen wisata, sebagai tempat singgah, seperti rest area bagi turis, terutama turis asing sebelum masuk ke wilayah tengah Palestina seperti Jerusalem, Betlehem, Hebron dan lain sebagainya.



Di Jericho terdapat alat transportasi cable car, untuk berziarah ke Mount of temptation salah satu tempat terkenal bagi umat Nasrani yang berada di atas gunung, sekaligus melihat-lihat kota Jericho dan Laut mati dari atas.

Berbelanja di sini pun tak perlu bermasalah dengan kendala,karena banyak penjaga toko yang lumayan fasih berbahasa Indonesia.


Saya berkenalan dengan salah satu pegawai di toko oleh-oleh, Manath, usia 24 tahun, dia bisa sedikit berbahasa Indonesia, dia juga memiliki saudara kembar laki-laki yang juga menjadi pegawai toko oleh-oleh di tempat yg tidak terlalu jauh.

Untuk transaksi pembelian oleh-oleh seperti buah kurma, buah tin, dan mercendise lainnya kita dapat membayar dengan menggunakan mata uang dolar Amerika.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

loading...
22 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Damha sa 16 November 2018 | 06:24:31

lumayan subur kota itu banyak ditumbuhi pohon kurma

F Aryana 27 October 2018 | 15:58:42

baru tau kalo itu kota tertua di palestina

F Aryana 27 October 2018 | 15:57:27

mantul juga ni kota masih terjaga saja

Doni Assyidik 02 October 2018 | 07:24:47

wihh kota jericho masih terjaga ajh yahh

Agung Laksono 26 September 2018 | 16:07:08

emang tempat yang penuh dengan peninggalan

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top