home ×
Auto

Mobil Cuma Jadi Pajangan, Perhatikan Ini

31 May 2017 By
Mobil Cuma Jadi Pajangan, Perhatikan Ini
Share
Share
Share
Share

Meninggalkan mobil parkir terlalu lama bisa berdampak pada kondisi aki. Seiring waktu, walau mobil tidak menyala, energi aki akan habis terkonsumsi pelan-pelan. Apesnya, saat nanti mesin mau dinyalakan, tidak bisa.

Hal itu bisa kejadian saat momen libur Lebaran nanti. Misalnya, pemudik memilih memarkirkan mobil di garasi selama liburan tapi nebeng atau naik transportasi umum pulang ke kampung halaman. Contoh lain, meninggalkan mobil di parkiran bandara.

Dari penjelasan Dadi Hendriadi, General Manager Technical Service Toyota Astra Motor, Selasa (30/5/2017), saat mobil parkir aki masih menyuplai sistem kelistrikan. Beberapa yang krusial untuk keamanan yaitu alarm dan immobilizer.

“Enggak terlalu berpengaruh kalau misalnya ditinggal seminggu. Ditinggal sebulan baru terasa ada penurunan arus, parasite current,” kata Dadi.

Salah satu tips meninggalkan mobil lama yaitu mencopot kabel aki biar lebih hemat. Namun diingatkan Dadi, alarm dan immobilizer bakal tidak berfungsi. Kalau begini mobil benar-benar harus parkir di tempat yang aman.

Berita Terkait:

Saran Dadi, daripada meninggalkan mobil terlalu lama parkir sendirian, lebih baik dititipkan ke teman. “Titip saja trus bilang tolong panasin tiap pagi,” kata Dadi. 



Copyright Kompas.com

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id