icon-category Auto

Mobil Harian Buat Dipakai Drag Race, Bisa Lho Gaes

  • 17 Jan 2022 WIB
  • Bagikan :
    Daihatsu Sirion anggota HKD Racing (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Uzone.id - Kalau kamu ingin bikin mobil harian tapi buat ikutan event drag race juga, mungkin bisa tiru para anggota komunitas HKD Racing.

    Rangga, si pemilik Honda Brio, suka bawa mobil tunggangannya itu turun ke arena balapan. Meski buat balapan, Brio miliknya masih dijadilan mobil harian untuk pulang pergi rumah-kantor.

    “Mesin masih NA (naturally aspirate), cuman saya remap mesinnya saya ganti air filternya, pake air filter racings full exhaust aj sih, udah cukup, udah enak banget sih,” kata Rangga ditemani satu timnya, Hendra dan Soni, saat berkunjung ke redaksi Uzone.id, baru-baru ini.

    Honda Brio anggota Komunitas HKD Racing( Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    BACA JUGA: Gini Rasanya Naik Land Cruiser 300 yang Disiksa di Jalan Off-Road

    Karena buat harian juga, Rangga tak berani bikin mobil gacoannya itu terlalu ceper. Begitu juga Hendra, pemilik Daihatsu Sirion ini tak melakukan ubahan total pada mesinnya karena masih buat harian.

    “Mesin masih standar, perubahan di pengapian aja, injector, full exhaust, busi sama pully, koil punya (Toyota) Camry, piston masih standar, exhaust diganti,” kata Hendra.

    Saat ditanya siapa yang meracik mesin mobil mereka? Hendra mengatakan mekaniknya bernama Reza yang berdomisili di Bintaro, Tangerang Selatan.

    Honda Brio anggota Komunitas HKD Racing( Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

     

    “(Itu) bukan bengkel, tapi di rumah, belum ada bengkel,” ucap Hendra.

    Berawal dari sering nongkrong bareng, Rangga dan Hendra sepakat membentuk komunitas mobil drag race bernama HKD Racing.

    Rangga mengatakan, bikin komunitas mobil tergantung alirannya. Misalnya ada yang suka balap, ada yang suka modifikasi mobil sampai ceper atau yang modifikasinya sekedar clean look harian.

    Daihatsu Sirion anggota Komunitas HKD Racing( Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    “kalau manfaat sih buat saya ketika saya join ke komunitas yang satu visi dan misi sama saya misalkan kayak temen-temen saya nih, suka pada racing look semua, itu saya bisa sharing tentang part-part racing look tuh apa saja sih yang bisa diganti, bisa di explore untuk mesinnya bisa lebih maximal lagi,” terang Rangga.

    Dia menambahkan, sehingga dirinya tidak bingung arahnya mau ke mana. Kalau dia ingin racing look, dia sudah tahu mau diapakan dan referensinya dari mana saja. “Itu aja sih, fungsinya, gak asal-asalan aja,” kata Rangga.

    Honda Brio anggota Komunitas HKD Racing( Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Nah, bagaimana kalau citra ikut komunitas otomotif bisa ngabisin banyak duit?

    Rangga mengatakan, kalau dirinya puas dan hobinya masih masuk akal tak masalah. “Karena itu kepuasan pribadi namanya juga mainan laki-laki. Istilah buang-buang uang tebayarkan ketika kita puas dengan hasilnya.”

    Komunitas HKD Racing baru mengandalkan tiga mobil yang turun ke arena drag race.Ketiga mobil itu adalah Daihatsu Sigra, Daihatsu Sirion dan Honda Brio. Meski demikian, komunitas ini punya banyak tim.

    Mobil Sirion milik Hendra sudah ikut 4-5 kali balapan, termasuk di Sirkuit Sentul dalam ajang drag race, dan di Cicangkal, Rumpin, tangerang.

    Sirion miliknya sudah tiga kali juara. Mendapat podium 1 di Cicangkal, kemudian podium 3 dan mendapat posisi ke-5.

    Sedangkan Rangga baru ikut 2 kali balapan. Dia mengaku puas telah meraih juara 5. “Itu pun di event pertama saya ikut langsung dapat podium 5 cukup bangga sih, perdana dapet podium 5. Apalagi mobil saya matic, kalau yang lain manual,” kata dia.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini