home ×
Auto

Mobil Listrik Xiaomi Debut 2023, Produksi di Pabrik Great Wall

28 March 2021 By
Mobil Listrik Xiaomi Debut 2023, Produksi di Pabrik Great Wall
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Instagram @xiaomi.malaysia)

Uzone.id - Xiaomi Group berencana bikin kendaraan listrik (EV) di pabrik Great Wall Motors, menurut sumber yang tahu langsung dengan masalah ini.

Hal itu menjadikan Xiaomi perusahaan teknologi terbaru yang bergabung dalam perlombaan kendaraan pintar.

Harga saham Xiaomi pun naik hingga 6,71 persen pada perdagangan Jumat (26/3/2021) pagi setelah Reuters melaporkan soal langkah Xiaomi itu.

Saham Great Wall Hong Kong naik lebih dari 8 persen dan saham Shanghai naik lebih dari 7 persen.

Xiaomi merupakan salah satu produsen smartphone terbesar di dunia. Perusahaan sedang berdiskusi dengan Great Wall untuk produksi mobil dengan merek sendiri.

BACA JUGA: Bos Xiaomi Dibajak Perusahaan Induk TikTok, ByteDance

Xiaomi akan menjual kendaraan listriknya ke pasar yang luas, sejalan dengan posisi perusahaan yang mengambil pasar yang luas dari produk elektroniknya, menurut sumber.

Baru kali ini Great Wall menawarkan layanan manufaktur kepada perusahaan lain. Perusahaan otomotif ini akan memberikan konsultasi teknik untuk mempercepat proyek tersebut, kata sumber lagi.

Rencana bikin kendaraan listrik muncul setelah Xiaomi - yang kini berusia 8 tahun - berusaha untuk mendiversifikasi arus pendapatannya dari bisnis smartphone yang menyumbang sebagian besar pendapatannya namun memiliki margin keuntungan yang tipis.

Salah satu penyebabnya juga adanya kenaikan biaya produksi akibat kelangkaan chip. Xiaomi pun melaporkan pendapatan kuartalan di bawah perkiraan pasar.

Pendiri dan CEO Xiaomi, Lei Jun, percaya pada keahlian perusahaan dalam membuat perangkat keras akan membantu mempercepat desain dan produksi EV-nya, kata sumber.

Xiaomi berencana meluncurkan EV perdananya sekitar tahun 2023, kata sumber. Ini akan memungkinkan terhubung dengan perangkat lain dalam ekosistem produknya.

Great Wall, yang bermarkas di Baoding, merupakan produsen truk pickup terbesar di China. Tahun ini, Great Wall meluncurkan merek mandiri untuk mobil listriknya. Juga membangun pabrik EV di China bersama BMW Jerman.

Great Wall telah menjual 1,11 juta kendaraan pada tahun 2020 berkat popularitas model truk pickup seri P dan Ora EV.

Saat ini, perusahaan sedangn membangun pabrik pertamanya di Thailand.

Sayangnya, Xiaomi dan Great Wall menolak berkomentar mengenai kerja sama mereka membuat mobil listrik. (Gadgets 360)

VIDEO TWS Terbaik di Pasar, Dengan Harga 1.199 Rupiah Sudah Dapat Fitur ANC

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id