Auto

Motor Gesits Buatan Bogor Diekspor ke Negara Tempat Reli Paris-Dakar

  • 18 October 2021
  • Bagikan :
    Motor Gesits Buatan Bogor Diekspor ke Negara Tempat Reli Paris-Dakar

    Gesits (Foto: Uzone.id)

    Uzone.id - Sepeda motor listrik Gesits produksi PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA) di Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, telah diekspor ke Senegal.

    Senegal, negara di Afrika Barat, juga terkenal sebagai negara yang pernah menggelar reli Paris-Dakar.

    Ekspor perdana Gesits bagian dari tindak lanjut promosi yang dilakukan KBRI Dakar pada 8 Juni 2021 di Promenade de Thiessois, Thiès, Senegal.

    Dubes LBBP RI Dakar, Dindin Wahyudin, mengatakan bahwa ekspor Gesits ke Senegal tidak hanya langkah awal keberhasilan Gesits masuk pasar Senegal, namun diharapkan bisa jadi push factor realisasi ekspor Gesits ke wilayah lainnya.

    BACA JUGA: Ganjil Genap di Jakarta Berlaku 06.00-10.00 dan 16.00-20.00 WIB

    “KBRI Dakar selalu siap untuk mendukung dan memfasilitasi semua pelaku usaha Indonesia, khususnya untuk memasuki pasar di delapan negara akreditasi KBRI Dakar”, kata Dindin.

    Dindin menjelaskan, peluang Gesits masuk Afrika Barat masih terbuka lebar, misalnya Pantai Gading yang akan menghentikan impor sepeda motor berbahan bakar fosil dalam waktu dekat.

    Ndiaye Transport merupakan perusahaan pelopor layanan taksi motor modern di kota Thies, Senegal, dan jadi pengguna motor Gesits pertama di Benua Hitam itu.

    BACA JUGA: 5 Bocoran Foto Toyota Avanza Velos Terbaru, Gabungkan RAV4 dan Sienna

    Direktur Operasional PT WIKA, Bapak Rudy Hartono menambahkan, ekspor Gesits perdana ke Senegal sebanyak satu kontainer beserta spare parts. Gesits akan tiba di Senegal pada akhir November 2021.

    Momentum kedatangan motor Gesits tersebut nantinya akan dimanfaatkan KBRI Dakar pada acara pameran dagang terbesar di Senegal (FIDAK) pada Desember 2021.

    Gesits Dijajal Jokowi

    Presiden Joko Widodo pernah menjajal Gesits pada November 2018. Menurut Jokowi, saat dicoba tidak mengeluarkan suara bising dan suaranya sangat halus serta ramah lingkungan.

    “Ini adalah brand dan principle 100 persen Indonesia. Sepeda motor listrik,” kata Jokowi di halaman Istana Kepresidenan.

    Meskipun 100 persen produksi Indonesia, Jokowi tidak akan memberikan proteksi kepada Gesits. Menurutnya, hal itu tidak akan mendidik.

    "Jadi, apapun asal harganya kompetitif, lebih efisien dibanding sepeda motor yang konvensional ya akan disambut oleh pasar,” kata Jokowi.

    Gesits memiliki daya motor 5KW. Dalam kondisi baterai penuh, Gesits bisa berjalan sekitar 50 km untuk baterai tunggal dan 100 kilometer untuk baterai ganda.

    Motor ini memakai baterai lithium-ion 72 Volt/20 Ah. Untuk pengisian ulang memerlukan waktu 3-4 jam. WIKA memberikan garansi baterai hingga 3 Tahun.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini