home ×
Gadget

Mulai Diproduksi, Ini Spesifikasi Laptop Pelajar Advan dan Axioo Pesanan Dikbud

04 August 2021 By
Mulai Diproduksi, Ini Spesifikasi Laptop Pelajar Advan dan Axioo Pesanan Dikbud
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi laptop Chromebook. Foto: Ihor Dvoretskyi/Unsplash

Uzone.id -- Pemerintah sedang menjalankan proyek pengembangan laptop pelajar yang didistribusikan ke berbagai sekolah di penjuru Indonesia yang tidak memiliki fasilitas TIK memadai. Adapun enam brand yang dirangkul pemerintah untuk proses produksi, yaitu Advan, Axioo, Zyrex, Evercoss, SPC, dan TSM.

Sebagai salah satu brand yang bekerja sama dengan pemerintah, Marketing Communication Axioo Indonesia, Irna Andriana mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik inisiatif pemerintah dalam pengembangan laptop Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

“Kami siap mewujudkan engineering center untuk produk laptop di Indonesia dan juga menghadirkan produk laptop yang khusus memenuhi persyaratan pemerintah,” tutur Irna saat dihubungi Uzone.id pada Rabu (4/8).

Ia melanjutkan, “laptop yang kami kembangkan untuk program pemerintah ini targetnya untuk usia pendidikan K-12, yaitu SD sampai SMA di seluruh Indonesia.”

Baca juga: Ini Perbedaan Laptop Merah Putih dan Laptop Pelajar Dikbud

Dari penjelasan Irna, produk yang akan dihadirkan adalah Axioo Chromebook yang berjalan dengan sistem Chrome OS dan prosesor dari Intel.

“Kami juga menambahkan fitur Notebook holder agar laptopnya bisa dijinjing, lalu ada juga web camera yang dapat berotasi, dan tambahan garansi sampai dua tahun. Fitur ini yang menjadi pembeda Axioo dengan produk Chromebook merek lain,” sambung Irna.

Irna mengaku, target produksi laptop pelajar ini sudah disesuaikan dengan pre-order dari pemerintah dan perakitan paralel pun sudah mulai dilakukan di pabrik Axioo Smart Factory yang terintegrasi dengan kantor pusat perusahaan di Cakung, Jakarta Timur.

“Kapasitas produksi di pabrik kami mencapai 100 ribu unit per bulan,” kata Irna.

Bagaimana dengan Advan?

Dari penuturan CEO PT Bangga Teknologi Indonesia, Chandra Tansri, pemerintah telah memesan 20 ribu unit laptop Advan per bulan. Sementara jumlah hingga akhir tahun maksimal berkisar 70 ribu unit.

“Kami merakit di Indonesia, lokasinya di pabrik Advan di Semarang, Jawa Tengah. Spesifikasi laptop ini sudah mengikuti standar yang ditentukan pemerintah,” ungkap Chandra kepada Uzone.id, Rabu (4/8) secara terpisah.

Baca juga: Zyrex Terima Pesanan Laptop Rp700 M dari Pemerintah

Kemudian secara detail, Chandra menunjukan spesifikasi laptop Chromebook Advan yang sedang diproduksi untuk para pelajar Indonesia.

Laptop Advan ini akan menggunakan sistem operasi Chrome OS 64 bits dengan prosesor Intel N4020 Dual Core Frequence 1,1GHz dan grafis Intel UHD Graphics 600.

Dilengkapi dengan kamera bawaan beresolusi HD (720p) yang dapat berotasi, layar laptop ini berukuran 11,6 inci resolusi 16:9/HD. RAM laptop ini 4GB LPDDR4 dengan ruang penyimpanan eMMC 32GB.

Chromebook Advan mengusung baterai 3.320 mAh 3-Cell dengan kemampuan kecepatan 38WH dan diklaim dapat tahan sampai 12 jam.

Spesifikasi laptop pelajar Chromebook Advan. Foto: Advan/Uzone.id

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id