Digilife

Musim Liburan, Hati-hati Modus Rampok Online Berkedok Airbnb

  • 27 December 2021
  • Bagikan :
    Musim Liburan, Hati-hati Modus Rampok Online Berkedok Airbnb Foto: Pickawood/Unsplash

    Uzone.id – Hanya karena melihat ada penawaran kelewat murah di platform populer Airbnb, dengan mudahnya kita termakan promo tersebut dan tanpa pikir panjang langsung melakukan transaksi. Usut punya usut, ini adalah akal-akalan scammer, alias penipu online.

    Ada banyak momen yang dijadikan celah bagi para penipu online dan hacker untuk menargetkan korbannya. Perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang erat kaitannya dengan musim liburan dapat menjadi sasaran empuk hacker yang berniat menipu targetnya dengan embel-embel promo.

    Aksi mereka kebanyakan phishing yang bertujuan merampok online ke rekening si korban.

    Dari pengamatan Kaspersky Lab, banyak orang lupa dan luput mengecek alamat URL secara seksama untuk memastikan situs yang akurat. Dan hal ini yang biasanya dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan siber.

    “Misalnya ada promo menarik, apartemen nyaman dan bagus hanya dengan Rp225 ribu sehari. Menarik, ‘kan? Dan laman itu terlihat seperti situs resmi Airbnb.com. Desain, kolom komentar yang memperlihatkan bagaimana pengalaman para pengguna saat menginap di sana, dan detail lain,” tutur pihak Kaspersky.

    Baca juga: Zenius Ingin Anak Tak Lagi Malas Sekolah Online

    Tentu saja, sayangnya situs itu bukanlah dari Airbnb. Para penipu online ini memalsukan situs Airbnb sedemikian rupa agar terlihat seperti aslinya. Hal yang dapat membuktikan bahwa situs itu bodong atau palsu dapat dilihat dari URL-nya.

    Sebagai contoh, URL dari situs berkedok Airbnb ini abnb63213491.byethost8.com/rooms/7858853. Sudah jelas ini bukan situs resmi Airbnb.

    Lantas, kenapa orang bisa membuka situs abal-abal ini? Dari pengamatan Kaspersky, penawaran menarik ini biasanya juga ditemukan di dalam spam email, aplikasi pesan, dan media sosial. Kadang juga muncul di iklan di mesin peramban.

    Berikut beberapa tips jitu untuk terhindar dari penipuan online yang mengisi euforia liburan tahun ini.

    • Jika ada tawaran yang terlihat terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, mungkin cara terbaik adalah menghindarinya.
    • Perhatikan situs alamat dengan cermat sebelum memasukkan informasi sensitif seperti login dan password. Jika ada yang salah dengan URL (salah eja, tidak terlihat seperti aslinya atau menggunakan beberapa simbol khusus alih-alih huruf), jangan masukkan apa pun di situs tersebut.
    • Pesan penginapan dan tiket hanya di situs dari penyedia terpercaya, idealnya mengetik alamat situs web mereka secara manual di browser.
    • Jangan mengklik tautan yang berasal dari sumber yang tidak dikenal (baik itu melalui email, aplikasi pengiriman pesan, atau media sosial).
    • Jika melihat giveaway dari perusahaan perjalanan atau maskapai penerbangan, kunjungi situs bisnis resmi untuk memastikan bahwa hadiah tersebut benar-benar ada.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini