icon-category Auto

Nissan Cedric, Sedan Klimis Legend Pionir Tren Mesin Turbo

  • 22 Jul 2020 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Siapa yang sangka, dibalik tampang klimisnya, sebuah Nissan Cedric ternyata sempat mencatatkan sejarah sebagai salah satu sedan yang menciptakan tren mesin turbo di Jepang.

Mari kita flashback. Pada era 1970-an, industri otomotif berhadapan dengan tantangan baru untuk memenuhi tuntutan regulasi gas buang dan efisiensi bensin.

Dalam konteks inilah Nissan menghadirkan tren mesin turbo di industri otomotif Jepang.

BACA JUGA: Israel Ternyata Dijajah SYM dan Kymco

Pada tahun 1979, Nissan meluncurkan `Cedric atau Gloria model 430,' sedan mewah pertama di Jepang yang dilengkapi mesin turbo.

Hal yang membuat langkah ini unik adalah mesin turbo yang tak hanya menghasilkan tenaga besar dari ukurannya yang kecil, tetapi mesin tersebut juga merupakan teknologi hemat bahan bakar.

Mesinnya berkapasitas 2.000cc 6 silindr turbo OHC, bertenaga 145 Hp dan torsinya 206 Nm, yang unikmya berpadu dengan transmisi otomatis hanya 3 percepatan.

Gak sia-sia, atas keberaniannya mendobrak mainstream tersebut, Nissan berhasil mendapatkan sertifikasi pemerintah di bawah regulasi yang ketat pada masanya.

alt-img

Mesin turbo L20ET 2,0-liter pertama kali disematkan pada Nissan Cedric dan Nissan Gloria pada bulan Desember 1979, sebagai yang pertama di pasar Jepang.

Inovasi-inovasi perdana ini membuat Cedric dan Gloria seri 430 dinobatkan sebagai Car of The Year di Jepang pada tahun 1979.

Pada awalnya, penemuan-penemuan seperti ini terlihat mustahil hingga karyawan-karyawan Nissan berinovasi dan berhasil mewujudkannya.

Semangat untuk berinovasi hidup sampai hari ini, tercermin dari terobosan di babak baru Nissan NEXT dalam keseruan berkendara.

Spesifikasi Nissan Cedric:

Overall length / width / height: 4,690/1,690/1,410mm

Wheelbase: 2,690mm

Tread: 1,380mm (front & rear)

Curb weight: 1,485kg

Engine: L20E-T (6-cyl. in line, OHC), 1,998cc

Engine Max. power: 107kW (145PS)/5,600rpm

Engine Max. torque: 206Nm (21kgm)/3,200rpm

Transmission: 3-speed AT (w/ lockup)

Suspension (front, rear): Double wishbone, 5-link

Brakes (front, rear): Ventilated disc, disc

Tires: 185SR14 (front & rear)

Tonton juga VIDEO Test Drive Honda Accord:

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini