home ×
Startup

Nuro, Mobil Robotik Pertama yang Siap Jadi Kurir Belanjaan di 2021

28 December 2020 By
Nuro, Mobil Robotik Pertama yang Siap Jadi Kurir Belanjaan di 2021
Share
Share
Share
Share

 Foto: dok. Nuro

Uzone.id -- Inovasi teknologi sebagai solusi sebuah permasalahan memang kerap menarik. Kali ini, ada mobil robotik otonom yang diberi nama Nuro, siap mengantar barang-barang belanjaan dan makanan bagi warga California, Amerika Serikat.

Kawasan California, khususnya di San Francisco dan area Silicon Valley memang selama ini sudah akrab dengan kendaraan tanpa pengemudi (self-driving). Uniknya, kendaraan-kendaraan tersebut hanya diberi izin untuk uji coba di jalanan umum.

Nah, Nuro menjadi kendaraan robotik pertama di California yang menerima izin komersial untuk pengiriman barang secara otonom. Nuro siap menghantar barang belanjaan, obat-obatan, hingga makanan seperti pizza pada 2021.

Baca juga: Juara Kompetisi IoT, Mahasiswa Yogyakarta Bikin Robot Sterilisasi Masjid

Mengutip Business Insider, Nuro sudah memiliki cap resmi sebagai tanda izin untuk beroperasi secara komersial dari California Department of Motor Vehicles (DMV).

“Penerbitan izin untuk penggunaan pertama mobil robotik ini merupakan tonggak penting dalam evolusi kendaraan otonom di California. Kami akan terus memperhatikan keselamatan otomotif publik seiring perkembangan teknologi ini,” tutur Direktur DMV California, Steve Gordon.

(Foto: dok. Nuro)

Nuro dikembangkan oleh perusahaan yang juga bernama Nuro, startup yang berbasis di Mountain View, Silicon Valley, California, AS. Pada awal tahun 2020, Nuro mengumumkan mendapatkan kucuran dana sebesar USD500 juta untuk pengembangan inovasinya.

Didirikan oleh Jiajun Zhu dan Dave Ferguson sejak 2016, fokus utama Nuro adalah pengembangan kendaraan kurir otonom. Zhu sendiri merupakan mantan pendiri tim teknisi di proyek mobil tanpa kemudi Google yang diberi nama Waymo.

Baca juga: Zoox Robotaxi, Kendaraan Otonom Tanpa Setir Buatan Amazon

Khusus untuk mobil robotik Nuro, mobil ini pertama kali diberi izin untuk diuji coba di jalan umum pada 2017. Kemudian pada April 2020, Nuro diperbolehkan uji coba tanpa pengemudi.

Nantinya, proses pengiriman barang yang dilakukan Nuro akan dimulai di dua komunitas dekat markas besar Nuro.

“Kurir pengiriman barang tanpa pengemudi akan membawa pengaruh besar bagi warga California, baik selama dan setelah pandemi Covid-19. Layanan ini akan membantu orang-orang yang tidak bisa mengemudi dan mempermudah kehidupan keluarga,” ungkap pihak Nuro.

Perusahaan Nuro memiliki ambisi besar lainnya yang melampaui pengiriman belanjaan. Nuro sendiri telah mengakuisisi startup truk otonom, Ike. Nuro belum membeberkan rencana selanjutnya apa, yang pasti perusahaan ini akan lebih serius mengembangkan teknologi pada kendaraan self-driving untuk masa depan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article