Gadget

OPPO Bakal Bikin Prosesor Sendiri?

  • 26 October 2021
  • Bagikan :
    OPPO Bakal Bikin Prosesor Sendiri?

     

    Uzone.id - OPPO dikabarkan berencana membuat prosesor sendiri. Perusahaan asal China itu sepertinya tidak mau bergantung pada produsen chip macam MediaTek maupun Qualcomm.

    Prosesor buatan OPPO ini nantinya akan menjadi dapur pacu untuk semua smartphone yang mereka buat. OPPO diketahui ingin mengikuti tren yang terjadi di industri saat ini, yakni membuat chip prosesor mandiri, seperti yang dilakukan perusahaan teknologi lainnya.

    Diketahui, beberapa produsen perangkat juga telah mengambil langkah untuk menciptakan prosesor sendiri. Beberapa di antaranya adalah Apple dengan prosesor Bionic, Samsung dengan Exynos, Huawei dengan Kirin dan terakhir adalah Google dengan nama Tensor.

    Baca juga: TKDN Jadi 35 Persen, Oppo Pede Harga Ponsel 5G Bakal Murah

    Dilansir melalui Nikkei, Selasa, 26 Oktober 2021, sumber laman tersebut mengatakan jika OPPO memang berupaya untuk tidak terlalu bergantung dengan pihak ketiga atau produsen chip. Alih-alih memesan prosesor, OPPO dikabarkan telah 'membajak' para ahli pembuat chip dan AI dari MediaTek, Qualcomm sampai Huawei.

    Rencananya, OPPO akan membuat tiga chip kustom yang berbasis proses teknologi 3nm buatan TSMC. Chip baru ini diharapkan bisa digunakan di smarpthone OPPO pada 2023 atau 2024. Jika smartphone flagship OPPO masih menggunakan nama model Find X, kemungkinan di tahun itu, chip tersebut akan disematkan di Find X5 Pro atau Find X6 Pro.

    Baca juga: Soal TKDN Naik ke 35 Persen, Oppo dan Samsung: Sudah Kami Penuhi

    Jika memang benar isu ini dilakukan, maka bisa jadi tidak hanya OPPO yang akan menggunakan prosesor kustom tersebut. Semua tahu jika OPPO memiliki induk bernama BBK Electronics. Perusahaan induk OPPO itu diketahui memiliki brand smartphone lain, yakni vivo, realme, dan iQOO, ditambah OnePlus yang sudah diakusisi OPPO.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini