home ×
Digilife

Orang Indonesia Kalahkan Gamer Catur Dunia, Berakhir Damai

04 March 2021 By
Orang Indonesia Kalahkan Gamer Catur Dunia, Berakhir Damai
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.idLevy Rozman, seorang streamer serta Youtuber dengan akun GothamChess adalah International Master dengan ELO 2400. Ia membuat kegaduhan akibat terkalahkan di sebuah pertandingan catur pada platform Chess.com oleh pengguna bernama Dewa_Kipas. Parahnya, akun pecatur asal Indonesia ini di­­-banned setelah mengalahkan GothamChess

Pada 2 Maret 2021, Ali Akbar, anak dari Dadang Subur (pemilik akun Dewa_Kipas) pun menyuarakan sisi pandangnya. Ia tidak terima fakta bahwa akun ayahnya diblokir hanya karena memenangkan pertandingan catur dengan GothamChess.

GothamChess memiliki sekitar 700.000 subscriber di YouTube, dengan 93.000 pengikut di Twitter. Ia memiliki banyak penggemar dari Twitch serta YouTube karena kontennya yang beragam.

dewakipas-1

Penggemar dari GothamChess menuduh ayah Ali bermain curang dengan menggunakan cheat engine (prediksi langkah catur dengan menggunakan perangkat lain). Apabila dilihat dari halaman jejak permainan sebelumnya, tingkat akurasi permainan Dadang juga sangat konsisten, yaitu di atas 90 persen.

Ali melampirkan bukti seperti cuplikan catatan ayahnya selama bermain catur serta sertifikat yang menampilkan bahwa ayahnya pernah memenangkan Kejuaraan Catur Se-Kota Singkawang pada tahun 2005.

Pada 4 Maret 2021, GothamChess mengatakan bahwa ia telah berbicara dengan Ali Akbar dan mereka telah menemukan solusi yang positif. Ali Akbar membuat postingan klarifikasi bahwa kedua pihak telah berdamai dan meminta warga Indonesia untuk tidak mengirim pesan kebencian ke GothamChess.

dewakipas

Ali menjelaskan bahwa ayahnya sering berlatih dengan bot catur. Pada pertandingan dengan Levy kemarin, ayahnya memanfaatkan blunder dari Levy agar bisa menang. Untuk klarifikasi lengkapnya, baca postingan Ali Akbar di sini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id