home ×
Digilife

Pandemi Covid-19 Bikin Belanja Online Meningkat, Facebook Bikin Shops

20 May 2020 By
Pandemi Covid-19 Bikin Belanja Online Meningkat, Facebook Bikin Shops
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Facebook mengumumkan produk barunya ke netizen di seluruh dunia untuk memenuhi kebutuhan mereka berbelanja langsung dari platform itu. Namanya adalah Shops, yang diklaim akan membantu pebisnis kecil membuat toko online sendiri di Facebook dan Instagram.

Hal ini diungkap Mark Zuckerberg dalam postingan di akun Facebooknya. Layanan baru itu didesain untuk meningkatkan pengalaman berbelanja online dan membantu para pebisnis atau UKM yang terdampak pandemi virus corona Covid-19.

"Ketika kita berjalan-jalan, kita lihat bahwa tidak semua toko memiliki kesamaan. Berdasarkan pemikiran itulah akhirnya kami menciptakan Facebook Shops," ujar Mark melalui Facebook Live.

Baca juga: Buat Apa Facebook Beli Giphy Sampai Triliunan?

Layanan baru ini secara tidak langsung juga akan menambah aset data Facebook. Selain membuat orang semakin betah berada di platform ini, Facebook juga akan mendapatkan banyak data terkait dengan perilaku pengguna saat berbelanja online, termasuk berapa rupiah yang sering dibelanjakan, dan produk apa yang kerap dibeli pengguna.

Kelebihan Shops dibanding online store lain adalah kemampuannya untuk bisa terhubung dengan 3 platform sekaligus. Mulai dari Facebook, Instagram, sampai WhatsApp, atau bahkan aplikasi lain yang dimiliki oleh raksasa jejaring sosial ini.

Di Facebook Shops, metode pembayaran dan alamat pengiriman pengguna sudah tersimpan. Nantinya, Facebook akan memulai tahap awal bekerja sama dengan eCommerce Shopify dan penyedia layanan logistik BigCommerce.

Baca juga: Separuh Karyawan Facebook Bekerja dari Rumah Sampai Akhir 2020

"Saya yakin Shops bisa diandalkan oleh para pengusaha kelas kecil dan menengah karena saat ini ada sekitar 160 juta UKM yang menggunakan Facebook untuk memasarkan produk mereka," kata Mark.

Zuckerberg juga bilang, Shops nantinya akan dibekali dengan artificial intelligence untuk membantu mengenali perilaku pengguna.

"Shops akan didukung oleh teknologi AI agar kami bisa lebih baik memberikan pengalaman berbelanja yang lebih personal kepada pengguna," katanya.

Sebelumnya Facebook juga telah berniat untuk membuat Instagram Shops, sebuah layanan yang memungkinkan pengguna Instagram berbelanja dan mencari produk yang dijual oleh brand favorit pengguna, atau dari kreator yang mereka follow.

Layanan ini juga akan ditingkatkan dan terintegrasi dengan WhatsApp, Messenger dan Instagram Direct untuk memungkinkan konsumen berbelanja dan melakukan pembelian saat chatting.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id