Digilife

PeduliLindungi Eror, Foto Kartu Vaksin Jadi 'Jalan Ninja'?

  • 26 October 2021
  • Bagikan :
    PeduliLindungi Eror, Foto Kartu Vaksin Jadi 'Jalan Ninja'?

    Uzone.id -- “Waduh, tadi sempat bisa check in di stasiun, sekarang kok enggak bisa masuk gedung,” ujar seorang pengguna bernama Marsha. Ternyata aplikasi Pedulilindungi eror sejak pagi tadi.

    Kehadiran aplikasi PeduliLindungi bertujuan sebagai solusi mobilitas masyarakat agar tetap aman dan terpantau selama masa pandemi. Sayangnya, ketika aplikasi Pedulilindungi eror, orang-orang berteriak.

    Wajar rasanya bagi sebuah aplikasi digital mengalami gangguan teknis, seperti aplikasi Pedulilindungi yang eror ini, entah itu bug hingga tidak bisa diakses sama sekali. Hal ini yang sedang dialami sebagian besar masyarakat yang sedang berada di luar rumah dan hendak beraktivitas, mulai dari naik transportasi umum hingga masuk ke gedung perkantoran.

    Baca juga: Bisa Scan QR Code PeduliLindungi di Aplikasi DANA

    “Alhasil tadi saya menunjukkan foto kartu vaksin ke petugas keamanan kantor. Sialnya teman saya ini, dia masih tertahan karena belum menemukan foto kartu vaksinnya,” lanjut Marsha saat ditanya Uzone.id, Selasa (26/10).

    Dari penuturan Marsha yang bekerja di perusahaan e-commerce di daerah SCBD, Jakarta Selatan, temannya yang tertahan di luar gedung tersebut cukup lama, lebih dari 15 menit.

    "Dia kayaknya enggak bisa menemukan SMS berisi link foto vaksinnya itu, yang dikirim setelah kita selesai menjalani vaksinasi. Jadi menurut saya, kita harus jaga-jaga juga menyimpan foto vaksin di ponsel, karena 'kan sertifikatnya itu ada di PeduliLindungi. Kita gak tahu kapan ini bakal eror lagi," kata Marsha.

    Netizen di jagat Twitter pun banyak yang senasib dengan Marsha.

    Berikut beberapa cuitan warganet.

    — Dantiw (@danttezz) October 26, 2021

    Dari sumber terdekat Uzone.id yang tak ingin disebut namanya, PeduliLindungi memang diakui mengalami gangguan sejak pukul 7.00 WIB hari ini, Selasa (26/10). Kemudian pada pukul 7.40 WIB diklaim sudah kembali normal dan saat ini masih dimonitor kembali.

    “Beberapa orang mengalami logout dan susah mendapatkan OTP [saat mencoba log in]. Masalah ini sedang dicek oleh tim. Secara keseluruhan, dari pengecekan oleh tim, semua stabil dan semoga tidak ada permasalahan lagi ke depan,” ucapnya.

    Bagi yang kepalang kesal, tampaknya memang harus menunggu penjelasan lebih detailnya dari Kementerian Kesehatan terkait Pedulilindungi eror.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini