icon-category Gadget

Pelitnya Apple, Cuma Rela Face ID Pakai Masker untuk iPhone 12 ke Atas

  • 30 Jan 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Jeremy Bezanger/Unsplash

    Uzone.id – Salah satu fitur yang ditunggu-tunggu pengguna setia iPhone akhirnya muncul juga. Face ID dapat dibuka ketika pengguna tetap mengenakan masker wajah.

    Fitur satu ini dinantikan sejak pandemi, karena masyarakat diwajibkan mengenakan masker khususnya ketika berada di keramaian dan tempat umum. Maka wajar apabila banyak yang berharap Face ID dapat dibuka tanpa harus melepas masker terlebih dahulu.

    Bukan apa-apa, namanya juga manusia, kalau ada yang praktis, kenapa harus ribet. Lagi di tempat umum mosok harus rela-rela buka masker dulu cuma buat buka kunci iPhone.

    Harusnya Apple menganggap ini sebagai pujian terselubung, tandanya kecepatan Face ID dalam mengenali wajah pengguna memang secepat kilat ketimbang harus mengetik passcode. Belum lagi kalau jari mendadak kepleset, ‘kan bisa salah masukin angka dan harus mengulang lagi dari awal.

    Baca juga: Maaf Samsung, Apple Jadi Raja Smartphone Dunia di Q4 2021

    Setelah penantian yang terasa cukup panjang karena Covid-19 masih terus berlangsung, akhirnya Apple menghadirkan ‘Face ID with a Mask’ di dalam Settings iPhone.

    Sekilas, kabar ini pastinya bikin sumringah. Setelah diselidiki, fitur Face ID pakai masker ini baru muncul di versi iOS 15.4 beta dan… ternyata hanya berlaku untuk iPhone 12 ke atas.

    Disimak baik-baik. Face ID dengan masker ini hanya tersedia untuk iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max.

    iPhone ‘jadul’ di bawah iPhone 12 masih harus buka Face ID pakai wajah penuh, atau ya terpaksa masukin passcode kalau sedang pakai masker.

    Sungguh sebuah intimidasi bagi pengguna iPhone yang “belum-jadul-jadul-amat”. Sepelit itukah Apple, sampai harus membuat para pengguna iPhone yang sudah pakai Face ID merasa ponselnya super duper lawas?

    Foto: 9to5Mac

    Fitur Face ID padahal pertama kali muncul di iPhone X yang dirilis pada 2017. Sejak itu, iPhone-iPhone generasi berikutnya tak lagi punya Touch ID, melainkan telah diganti ke Face ID.

    Baca juga: iPhone SE 2022 Dirilis Maret?

    Jadi, kalau kalian punya seri iPhone 11 ke bawah, kalian tidak akan menemukan pengaturan Face ID dengan masker ketika sudah memperbarui ke iOS 15.4.

    Tapi kalau kalian menggunakan iPhone 12 ke atas, kalian bisa mengakses fitur ini di Settings, lalu cari toggle ‘Use Face ID with a Mask’. Di sana juga ada fitur ‘Add Glasses’ agar Face ID bisa semakin akurat saat kita mengenakan kacamata dan masker.

    Entah memang Apple sepelit itu, atau memang akan menggulirkan Face ID dengan maskernya berbulan-bulan kemudian ke semua varian iPhone yang mendukung Face ID, yang jelas iPhone 11 ke bawah bisa membuka kunci iPhone dengan bantuan Apple Watch tanpa melepas masker. Tentunya fitur ini juga baru ada di pembaruan iOS 14.5.

    Tapi lagi-lagi pengguna butuh Apple Watch dulu untuk bisa benar-benar memanfaatkan fitur satu ini.

    Ya mungkin harus mau ribet sedikit lah ya untuk mengetik passcode saat pakai masker. Bukan sebuah aib juga jika iPhone kalian tak bisa deteksi wajah saat mengenakan masker. Malulah jika kalian berada di keramaian, tapi ogah memakai masker, begitu kira-kira pesan layanan masyarakat terselubung dari Apple.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini