icon-category Telco

Pemerintah Kebut 5.204 BTS 4G di Papua, Bakti Kominfo di Garda Depan

  • 09 Dec 2021 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo membangun kembali tiga menara BTS 4G di Papua dari total 5.204 BTS yang ditargetkan. Diharapkan, BTS-BTS ini dapat mempercepat penyediaan jaringan telekomunikasi 4G di wilayah 3T di Indonesia, khususnya Papua.

Tiga buah BTS yang didirikan tersebut terletak di Desa Sawyatami Kabupaten Keerom, Provinsi Papua, Indonesia. Pembangunan ini tidak hanya dilakukan Bakti tapi juga melibatkan Infrastruktur Bisnis Sejahtera (IBS) sebagai penyedia infrastruktur telekomunikasi bermitra dengan ZTE Corporation

Provinsi Papua dan Papua Barat menjadi wilayah prioritas proyek BTS 4G BAKTI Kominfo dengan 65 persen dari total lokasi atau sebanyak 5.204 titik. Dalam hal ini, Kemitraan IBS dan ZTE bertanggung jawab menyelesaikan pembangunan di Paket 4 dan 5 atau sebanyak 3.409 lokasi di Provinsi Papua.

Baca juga: Telkomsel Siap Gelar 7.772 BTS di Wilayah 3T

Di tengah peningkatan transformasi digital selama dua tahun ini karena pandemi, usaha untuk memperkecil digital divide perlu semakin digencarkan. Dengan diresmikannya pembangunan menara BTS di Desa Sawyatami, Kabupaten Keerom di Provinsi Papua ini akan membantu meningkatkan konektivitas telekomunikasi nasional dan memberikan akses kepada semua wilayah agar maju dengan merata,”ujar Bapak Anang Achmad Latif, Direktur Utama, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo pada acara peresmian di Jakarta.

Untuk mendukung proyek BAKTI BTS 4G ini, ZTE menyediakan infrastruktur komunikasi seluler aktif, termasuk BTS, MW, IP RAN, Surveillance Platform, Power System, Network Management System, dan beberapa sistem pendukung layanan di area Papua. Produk dan solusi yang digunakan dalam proyek ini merupakan teknologi mutakhir, seperti BTS nirkabel yang berorientasi 5G, yang menawarkan fleksibilitas dan kelayakan untuk masa depan.

Dengan pembangunan BTS 4G di Desa Sawyatami ini, kami berharap akan lebih banyak daerah di Indonesia dapat menikmati sarana komunikasi digital di tengah percepatan adopsi teknologi saat ini. Kami juga berharap masyarakat di Papua akan segera merasakan jaringan 4G LTE dan dapat memanfaatkan konektivitas broadband secara maksimal,”ujar Richard Liang, President Director, ZTE Indonesia yang turut hadir dalam acara peresmian tersebut di Jakarta.

Baca juga: Channel YouTube BNPB Diambil Alih Hacker Ethereum

Dengan menggabungkan keahlian ZTE dalam menyediakan infrastruktur komunikasi seluler aktif dan pengalaman mendalam IBS di bidang konstruksi, ditambah dengan dukungan dari BAKTI Kominfo, proyek ini diharapkan akan dapat mempercepat pemerataan akses jaringan telekomunikasi di seluruh Indonesia.

"Untuk mewujudkan proyek Pembangunan BTS di daerah 3T yang cukup kompleks, kami turut melibatkan seluruh komponen-komponen yang ada termasuk dukungan dari pemerintah daerah setempat, aparat keamanan, dan juga seluruh rakyat Papua," ujar Makmur Jauri, President Director Infrastruktur Bisnis Sejahtera (IBS).

Menurutnya, pembangunan ini akan berdampak kepada kemajuan di daerah tersebut yang tentunya sejalan dengan tujuan pemerintah untuk keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia sebagaimana yang diamanatkan dalam sila ke lima Pancasila.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini